Berita Sulawesi Tenggara

Gubernur Ali Mazi Sebut Data Regsosek BPS Sultra Dipakai untuk Ketepatan Sasaran Program Pemerintah

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek). Rakorda tersebut merupakan kegiatan yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra bertempat di Claro Hotel Kendari, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

Rakorda tersebut merupakan kegiatan yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra bertempat di Claro Hotel Kendari, Selasa (13/9/2022).

Kegiatan itu mengambil tema Mencatat Untuk Membangun Negeri, Dengan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Ali Mazi menyambut baik serta memberikan apresiasi atas terlaksananya Rakorda Regsosek BPS Sulawesi Tenggara.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang dirancang oleh pemerintah pusat sejak 2020 untuk perbaikan pelaksanaan perlindungan sosial di tanah air," ucapnya.

Baca juga: Kepala BPS RI Akan Berkunjung ke Konawe Sultra, Resmikan Desa Cantik di Kecamatan Anggaberi

Lebih lanjut katanya, Regsosek memungkinkan penyajian peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

Kemudian pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk, membantu pemerintah berbagai tingkatan dalam mengidentifikasi dan menyasar penduduk rentan, miskin, dan miskin ekstrem.

"Selain itu, data Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang lebih luas, tidak hanya program perlindungan sosial saja, tetapi juga akan mendukung program pemberdayaan ekonomi," imbuhnya.

Katanya, dengan potensi pemanfaatan yang begitu besar, maka pengembangan Regsosek harus komprehensif.

Untuk itu, Ali Mazi mengatakan harapan pertamanya yakni masyarakat harus memahami Regsosek merupakan basis data yang harus dimutakhirkan secara berkala.

Baca juga: BPS Sultra Catat April 2022 Jumlah Penumpang Pesawat Menurun 16 Persen, Jumlah Angkutan Kapal Naik

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved