Berita Wakatobi

Inspektorat Sultra Mengaku Pernah Periksa Sekda La Jumadin Atas Permintaan Bupati Wakatobi Haliana

Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengaku pernah memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi La Jumadin, terkait kinerjanya.

Penulis: Laode Ari | Editor: Risno Mawandili
kolase foto (handover)
KOLASE FOTO Bupati Wakatobi Haliana (kiri) dan Sekda Wakatobi La Jumadin (kanan) - Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengaku pernah memeriksa Sekretaris Daerah Wakatobi La Jumadin, terkait kinerjanya. Atas perintah Bupati Wakatobi Haliana. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengaku pernah memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi La Jumadin, terkait kinerjanya.

Kepala Inspektorat Sultra, Gusti Pasaru mengatakan, pemeriksaan terhdap La Jumandi atas perintah Bupati Wakatobi Haliana.

"Kalau pemeriksaan itu memang ada surat permintaan dari Bupati Wakatobi, tapi pemeriksaan sudah beberapa bulan lalu," ucapnya, saat dikomfirmasi via telepon, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Blak-blakan Sekda Wakatobi Diberhentikan: Kalau Pak Bupati Mau Ganti Silakan dengan Cara Baik-baik

Baca juga: Wagub Sultra Lukman Abunawas Sebut Pencopotan Sekda Wakatobi La Jumadin Karena Adanya Temuan

Gusti menjelaskan, pemeriksaan itu sifatnya khusus dengan tujuan tertentu sehingga tidak bisa menyampaikan secara detail hasilnya.

"Saya tidak bisa sampaikan subtansi hasil pemeriksaan karena bukan wewenang kami. Itu hanya bisa disampaikan oleh Bupati Wakatobi," jelasnya.

Ia melanjutkan, pemeriksaan sifatnya konfirmasi karena terkait kinerja. Berlaku untuk semua OPD.

Untuk diketahui, pemberhentian jabatan Sekda Wakatobi La Jumadin hingga kini masih menjadi polemik.

Hal tersebut karena pemberhentian jabatan Sekda La Jumadin oleh Bupati Wakatobi dinilai tak sesuai prosedural.

La Jumadin menyebut dirinya tidak pernah mendapat pemeriksaan oleh Pemprov, meski Bupati Wakatobi Haliana mengatakan pemberhentian karena pelanggaran berat.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, menuturkan, pemberhentian La Jumadin dari jabatan Sekda Wakatobi karena adanya temuan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved