Berita Kendari

Gerakan Pramuka Kwarcab Kendari Peringati Hari Pramuka ke-61, Diharapkan Makin Eksis dan Diminati

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang menggelar Apel Besar memperingati Hari Pramuka ke-61, di Lapangan Upacara Balai Kota Kendari, Selasa (30/8/2022).

TribunnewsSultra.com/ Amelda Devi Indriyani
Gerakan Pramuka Kwartir Cabang menggelar Apel Besar memperingati Hari Pramuka ke-61, di Lapangan Upacara Balai Kota Kendari, Selasa (30/8/2022). Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kendari bertindak sebagai Pembina Upacara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang menggelar Apel Besar memperingati Hari Pramuka ke-61, di Lapangan Upacara Balai Kota Kendari, Selasa (30/8/2022).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir sekaligus Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kendari bertindak sebagai Pembina Upacara.

Peringatan Hari Pramuka ke-61 ini bertemakan "Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa".

Sulkarnain Kadir menyebut tema tersebut menunjukkan tekad untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Kata dia, pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. sejak usia Pramuka siaga.

Baca juga: Buka Jambore Pramuka Tingkat Kabupaten, Bupati Konawe Tekankan Pembentukan Karakter

"Adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,” ujarnya.

Menurutnya, pengabdian bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal.

Sulkarnain menyampaikan, terima kasih pada semua anggota Pramuka di Kota Kendari yang bersama-sama stakeholder lainnya membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Di antaranya, melalui kegiatan gerakan kedisiplinan dengan mematuhi protokol kesehatan dan mengajak sebanyak mungkin orang untuk patuh pada protokol kesehatan.

Selain itu, kegiatan gerakan kepedulian, dengan menunjukkan sikap empati dan simpati, siap menolong mereka yang terdampak karena pandemi Covid-19.

Baca juga: 6 Kepala Daerah Terima Penghargaan di Hari Pramuka 2021, Pesan Penting Gubernur Sultra Ali Mazi

Sulkarnain Kadir berharap, semakin banyak generasi muda Kota Kendari yang terlibat dalam Gerakan Pramuka, karena Pramuka merupakan satu-satunya gerakan kepanduan dilegitimasi undang-undang.

"Mudah-mudahan di Hari Pramuka ke-61 ini Gerakan Pramuka semakin eksis dan banyak yang terlibat," harapnya.

"Dengan Gerakan Pramuka ini anak-anak semakin cinta dengan tanah airnya dan bangga menjadi anak Indonesia," ujarnya menambahkan.

Wali Kota Kendari juga menyerahkan penghargaan pada sejumlah anggota Pramuka berupa Lencana Darma Bakti dan Lencana Panca Warsa.

Selengkapnya, berikut nama-nama penerima penghargaan, di antaranya penghargaan Darma Bakti, diterima oleh Makmur.

Baca juga: Sosok Wahyu Ramadan, Anak Yatim asal Konawe Jadi Pemimpin Upacara Hari Pramuka 2021 di Sultra

Panca Warsa 5, Nursiah. Panca Warsa 4, Jamsir Nimu. Panca Warsa 3, Wa Ode halama. Panca Warsa 2, Saemina dan Ratna serta, Panca Warsa 1, Kurniati. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved