Berita Baubau

Klien Pemasyarakatan di Baubau Sultra Dilatih Bertanam Hidroponik, Kerja Sama Bapas dan Pokmas Lipas

Balai Pemasyarakatan Baubau bekerja sama Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) memberi pelatihan kepada klien pemasyarakatan.

Istimewa
Balai Pemasyarakatan (Bapas) Baubau bekerja sama Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) memberi pelatihan kepada klien pemasyarakatan. Kegiatan pelatihan kemandirian keterampilan bertanam hidroponik ini diikuti 30 klien pemasyarakatan di Aula Bapas Kelas II Baubau dan Pokmas Baubau Family, Senin (29/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Baubau bekerja sama Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan (Pokmas Lipas) memberi pelatihan kepada klien pemasyarakatan.

Kegiatan pelatihan kemandirian keterampilan bertanam hidroponik ini diikuti 30 klien pemasyarakatan di Aula Bapas Kelas II Baubau dan Pokmas Baubau Family, Senin (29/8/2022).

"Jadi pelatihan yang kami diberikan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu kehidupan klien melalui bimbingan kemandirian," ucap Ahmad Munatar selaku instruktur.

Ia menuturkan, pelatihan terhadap klien pemasyarakatan seperti ini merupakan salah satu tugas dan fungsi dari Balai Pemasyarakatan.

"Jadi tidak ada yang susah dalam kehidupan ini, selagi kita masih mau berusaha dan berdoa,” kata Ahmad Munatar.

Baca juga: Bapas Kelas II Baubau Sultra Kerja Sama 11 Pokmas Lipas, Tingkatkan Kemandirian Mantan Narapidana

Kata dia, pelatihan hidroponik dilaksanakan dengan memperhatikan minat klien yang senang bertanam tetapi tidak mempunyai lahan pertanian yang cukup.

Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama instruktur memaparkan mengenai prinsip-prinsip bertanam hidroponik serta perlengkapan minimal yang diperlukan.

"Setelah klien paham, mereka akan kita ajak ke lapangan parkir Bapas Baubau untuk mempraktikkan pengetahuan yang telah diperoleh," terangnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan klien pemasyarakatan,Dandi mengaku sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan hidroponik ini.

“Saya sangat tertarik untuk mencoba bertanam hidroponik, terlebih komunitas Baubau Family mau membantu memberi solusi permodalan dan konsultasi,” ujarnya. (*)

(Tribunnewssultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved