Sekda Wakatobi Diberhentikan

BKD Wakatobi Sebut Pemberhentian Sekda La Jumadin oleh Bupati Haliana Sesuai Prosedur dan Ketentuan

BKPSDM Wakatobi menyebut pemberhentian Sekretaris Daerah atau Sekda Wakatobi La Jumadin sudah sesuai prosedur, mekanisme, dan ketentuan.

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kepala BKPSDM Wakatobi, Hasan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, WAKATOBI - Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wakatobi menyebut pemberhentian Sekretaris Daerah atau Sekda Wakatobi La Jumadin sudah sesuai prosedur, mekanisme, dan ketentuan.

Bupati Wakatobi Haliana sebelumnya memberikan sanksi hukuman disiplin kepada Jumadin berupa pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan pada Kamis (25/8/2022).

La Jumadin adalah sekda di Pemerintahan Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sejak Februari 2019 lalu

“Jadi sudah sesuai prosedur dan mekanisme secara berjenjang sesuai ketentuan,” kata Kepala BPKSDM Wakatobi, Hasan, dikonfirmasi TribunnewsSultra.com pada Jumat (26/08/2022).

Baik rekomendasi dan persetujuan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Baca juga: Inspektorat Sulawesi Tenggara Akui Pernah Periksa Kinerja Sekda dan OPD di Wakatobi Sultra

Termasuk laporan hasil pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran disiplin Sekda Wakatobi secara berjenjang.

Baik Laporan Hasil Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu (PDTT) atas usul pertimbangan pergantian Sekda Wakatobi dari Inspektur Provinsi Sultra.

Begitupun Hasil Pemeriksaan Pelanggaran Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Wakatobi oleh Tim Pemeriksa Dugaan Pelanggaran Disiplin PNS lingkup Pemkab Wakatobi dari Pemprov Sultra.

“Jika tidak menerima keputusan itu juga ada jalurnya. Baik upaya administrasi ke bupati atau gubernur, maupun PTUN untuk menguji keputusan Pak Bupati atau tim dari provinsi,” jelasnya menambahkan.

Hasan pun membeberkan kronologi hingga terbitnya surat keputusan yang memberikan hukuman disiplin kepada La Jumadin berupa pembebasan dari jabatan Sekda Wakatobi menjadi jabatan pelaksana.

Baca juga: Ombudsman Sultra Persilakan Sekda Wakatobi Diberhentikan Bupati Haliana Melapor Jika Berkeberatan

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved