Sekda Wakatobi Diberhentikan

Bupati Wakatobi Haliana Berhentikan Sekda, Berikut Ketentuan Hukuman Disiplin Bagi Sekretaris Daerah

Bupati Wakatobi Haliana memberhentikan Sekretaris Daerah atau Sekda Wakatobi La Jumadin dari jabatannya pada Kamis (25/08/2022).

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Aqsa
Tangkapan layar salinan PP Nomor 53 Tahun 2010
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang salah satunya terkait jenis hukuman berat berupa pembebasan dari jabatan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bupati Wakatobi Haliana memberhentikan Sekretaris Daerah atau Sekda Wakatobi La Jumadin dari jabatannya pada Kamis (25/08/2022).

Jumadin yang merupakan sekda di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), dijatuhi hukuman disiplin berupa pembebasan dari jabatannya menjadi jabatan pelaksana selama 12 bulan.

Dikutip TribunnewsSultra.com dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), pembebasan dari jabatan termasuk jenis hukuman berat.

Sanksi disiplin PNS tersebut terdapat dalam Pasal 7 poin c ayat 4 PP Nomor 53 Tahun 2010.

Penjatuhan hukuman disiplin berat kepada seorang sekda kabupaten/ kota adalah wewenang gubernur selaku wakil pemerintah sebagaimana tercantum dalam Pasal 19 PP tersebut.

Pasal 20 menyebutkan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota dalam hal ini bupati/ wali kota juga bisa menetapkan penjatuhan hukuman disiplin bagi sekda.

Tapi untuk jenis hukuman disiplin ringan, disiplin sedang, serta jenis hukuman disiplin berat khusus poin a yakni penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun.

PP Nomor 53 Tahun 2010 juga menyebutkan 13 jenis pelanggaran larangan yang bisa menyebabkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dijatuhkan hukuman sanksi berat sebagaimana disebutkan Pasal 13.

Meski demikian pemberian hukuman disiplin tidak bisa serta merta dilakukan dan harus melalui proses.

Sebagaimana disebutkan pada bagian kelima PP tersebut yang mengatur tata cara pemanggilan, pemeriksaan, penjatuhan, dan penyampaian keputusan hukuman disiplin tersebut.

Baca juga: Sekda Wakatobi La Jumadin Diberhentikan Mendadak Bupati Haliana, Bingung Alasan Pemberhentiannya

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved