Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-182: Kyiv Waspadai Serangan Pasukan Putin di Hari Kemerdekaan

Kondisi terkini perang Rabu (24/8/2022) yang bertepatan hari kemerdekaan Ukraina ke-31, Kyiv minta pihaknya mewaspadai serangan dari pasukan Rusia.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Tangkapan Layar The Guardian
Foto Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat pidato kenegaraan pada Senin (14/3/2022) atau hari ke-19 perang Rusia Vs Ukraina. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-182 pada Rabu (24/8/2022) antara lain adalah Zelenskyy peringatkan untuk mewaspadai serangan dari Rusia ke Kyiv di tengah perayaan hari kemerdekaan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga Rabu (24/8/2022) telah berlangsung selama 182 hari.

Kabar terbaru di antaranya adalah Kyiv memperingatkan untuk mewaspadai serangan Rusia di perayaan hari kemerdekaan Ukraina ke-31 tahun.

Invasi ini dimulai Presiden Rusia Vladimir Putin sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Putin juga menyebutnya sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-181: Roket Pasukan Putin Hantam 3 Desa di Donetsk, 2 Orang Tewas

Konflik antara negara bertetangga tersebut sampai saat ini masih berlanjut dan belum terlihat tanda-tanda akan berakhir.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menilai bahwa perang Rusia-Ukraina dapat berlangsung hingga beberapa tahun kemudian.

Kabar Terkini Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunnewsSultra.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-182 perang Rusia dengan Ukraina:

- Ukraina bersiap untuk kemungkinan serangan Rusia karena menandai hari kemerdekaannya dan 31 tahun sejak berakhirnya kekuasaan Soviet.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-180: 5 Rudal Pasukan Vladimir Putin Hujani Wilayah Odesa

Pihak berwenang telah membatalkan perayaan di Kyiv karena para pejabat memperingatkan bahwa Rusia sedang bersiap untuk menyerang Ibu Kota Ukraina tersebut.

Sebagaimana diketahui tanggal 24 Agustus 1991 merupakan hari kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dia mendapat informasi dari dinas intelijen Ukraina dan mitra internasional bahwa ada ancaman yang meningkat.

Karena, lanjut Zelenskyy, Amerika Serikat meyakini bahwa Rusia akan menargetkan infrastruktur sipil dan pemerintah dalam beberapa hari ke depan.

Kementerian Pertahanan Ukraina pun menyarankan Ukraina untuk berhati-hati, menyusul ancaman serangan rudal dan 'provokasi' dari Rusia.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-178: PBB Minta Vladimir Putin Tak Matikan PLTN Zaporizhzhia

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved