Hari Kemerdekaan

Istimewanya Sulawesi Tenggara di Istana Negara, Baju Adat, Tarian, Paskibraka, Komandan Upacara, MC

Istimewanya Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, pada Rabu (17/08/2022).

Penulis: Sri Rahayu | Editor: Aqsa
kolase foto (handover)
Istimewanya Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, pada Rabu (17/08/2022). Keistimewaan itu di antaranya baju adat atau pakaian adat yang digunakan Presiden Jokowi berasal dari Kepulauan Buton, Provinsi Sultra. Selain itu, tari lumense dari Kabupaten Bombana juga ditampilkan sebelum upacara tersebut, dua Paskibraka Nasional 2022 asal Provinsi Sultra yakni Arnold Steven Sinaga dan Divani Alifia Siswanto, komandan upacara sosok Kolonel Laut Andike Sry Mutia mantan Danlanal Kendari, hingga sosok master of ceremony (MC) salah satunya adalah Briptu Ragil Rahmi Lestari yang merupakan Polwan Polda Sultra. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Istimewanya Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara, pada Rabu (17/08/2022).

Keistimewaan itu di antaranya baju adat atau pakaian adat yang digunakan Presiden Jokowi pada upacara Hari Ulang Tahun atau HUT RI ke 77 berasal dari Kepulauan Buton, Provinsi Sultra.

Istimewanya Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) karena tari lumense yang berasal dari Kabupaten Bombana juga ditampilkan sebelum upacara tersebut.

Dua Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Nasional 2022 asal Provinsi Sultra juga bertugas pada Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tersebut yakni Arnold Steven Sinaga dan Divani Alifia Siswanto.

Demikian pula komandan upacara adalah sosok Kolonel Laut Andike Sry Mutia yang merupakan mantan Danlanal Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga: Sosok I Dewa Ayu Firsty Melta Dewanggi Paskibkara Nasional 2022 Pembawa Bendera di Upacara HUT RI

Lainnya, sosok master of ceremony (MC) pada Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia tersebut salah satunya adalah Briptu Ragil Rahmi Lestari yang merupakan Polwan Polda Sultra.

Berikut ulasan istimewanya Provinsi Sulawesi Tenggara pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi pada Rabu (17/08/2022):

1. Pakaian Adat Dolomani Asal Buton

Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat Dolomani yang berasal dari Kepulauan Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pakaian adat tersebut dikenakan Presiden pada upacara Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022 di Istana Negara.

Seperti diketahui, baju adat Dolomani adalah salah satu busana adat yang berasal dari Kepulauan Buton, Provinsi Sultra.

Dolomani adalah pakaian adat kebesaran yang dulunya kerap dipergunakan sultan pada acara resmi kesultanan.

Pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi itu mirip yang dipergunakan Sultan Buton ke 35 Muhammad Ali.

Sultan tersebut memimpin Kesultanan Buton pada tahun 1918-1921.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved