IAIN Kendari

Bupati Wakatobi Beri Bantuan Beasiswa Rp2 Miliar di IAIN Kendari, Apresiasi Inovasi Mahasiswa KKN

Bupati Wakatobi, Haliana mengapresiasi karya inovasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari yang mengikuti KKN di kabupaten dipimpinnya.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
IAIN Kendari
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Institut Agama Islam Negeri (KKN IAIN) Kendari di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bupati Wakatobi, Haliana mengapresiasi karya inovasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari yang mengikuti KKN di kabupaten dipimpinnya.

Pasalnya, lebih dari 20 produk berbasis potensi lokal hasil karya inovasi mahasiswa telah dipasarkan di Wakatobi dan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat.

Haliana mengatakan, mahasiswa IAIN Kendari telah membantu mengembalikan semangat masyarakat untuk berkreasi usai redupnya bisnis pariwisata yang dihantam badai pandemi.

"Mereka benar-benar telah menunjukkan perannya sebagai agent of change di tengah masyarakat," katanya pada Senin (15/8/2022).

Untuk itu, dia berharap program seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi bagian dari program prioritas IAIN Kendari.

Baca juga: Mahasiswa KKN IAIN Kendari Hasilkan 30 Produk Inovasi, Jadi Sumber Ekonomi Baru Bagi Masyarakat

Menurut Haliana, selama ini Wakatobi dikenal dengan potensi pariwisata yang mendunia, kemudian mahasiswa IAIN Kendari datang ke Wakatobi dan membawa misi pengembangan potensi berbasis lokal.

"Ini sangat kami hargai karena membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Inovasi yang patut diacungi jempol,” katanya.

Bupati Haliana memutuskan memberi beasiswa kepada mahasiswa IAIN Kendari yang berprestasi sebesar Rp2 miliar usai melihat hasil program pengabdian mahasiswa KKN.

Untuk pemberian beasiswa ini secara resmi tertuang dalam Nota Kesepahaman IAIN Kendari dan Pemkab Wakatobi ditandatangani Bupati dan Rektor Prof Dr Faizah Binti Awad beberapa waktu lalu.

Faizah menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa yang telah menuangkan kreativitas dan inovasinya untuk mengembangkan potensi daerah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi.

Baca juga: Mahasiswa KKN IAIN Kendari Berbagi Tips Membuat Serundeng dari Kelapa ke Warga Wungka Wakatobi

Menurutnya, apresiasi pemberian beasiswa menunjukkan keberhasilan merancang program pengabdian yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung dan berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat.

"Ini membuktikan kita tidak saja hanya sekadar menggugurkan kewajiban sebagai penyelenggara pendidikan tinggi tetapi sudah memberikan kontribusi secara langsung di tengah masyarakat," ujarnya.

"Kita akan jadikan ini sebagai vitamin penambah semangat untuk berkarya lebih baik lagi," ujar Rektor IAIN Kendari menambahkan. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved