Berita Baubau

Bebas Bersyarat 2 Mantan Narapidana Bakal Dicabut Bapas Baubau Gegara Kembali Lakukan Tindak Pidana

Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mencabut pembebasan bersyarat dua mantan narapidana.

handover
Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mencabut pembebasan bersyarat dua mantan narapidana. Hal tersebut dilakukan lantaran dua mantan narapidana Bapas Kelas II Baubau berinisial AM dan LM ini kembali melakukan pelanggaran hukum. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mencabut pembebasan bersyarat dua mantan narapidana.

Hal tersebut dilakukan lantaran dua mantan narapidana Bapas Kelas II Baubau berinisial AM dan LM ini kembali melakukan pelanggaran hukum.

Kepala Bapas Kelas II Baubau, Sri Maryani mengatakan, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) kini sedang memeriksa dua mantan narapidana akibat melakukan tindak pidana lagi dan ditahan di Lapas Baubau.

Ia menjelaskan dua klien Bapas Kelas II Baubau ini seharusnya telah menjalani hidup yang baik sebagai warga negara setelah mendapatkan program integrasi pembebasan bersyarat (PB).

Baca juga: Bapas Kelas II Baubau Sultra Kerja Sama 11 Pokmas Lipas, Tingkatkan Kemandirian Mantan Narapidana

"Usai mendapatkan program integrasi pembebasan bersyarat tidak membuat keduanya menjalani hidup sebagai warga negara yang baik, tetapi kembali melanggar hukum," ujar Sri Maryani, Rabu (20/7/2022).

Hal ini juga telah diatur sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 7 Tahun 2022.

Di mana, PK memeriksa dan membuat Laporan Usulan Pencabutan PB yang selanjutnya akan dikirim ke Dirjen PAS untuk dikeluarkan SK Pencabutan PB.

"Iya, pembuatan laporan usulan pencabutan adalah salah satu tugas dan fungsi PK, yaitu pengawasan guna tercapainya tujuan pemasyarakatan dalam sistem peradilan pidana terpadu," jelasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved