Berita Baubau

Wali Kota La Ode Ahmad Monianse Sebut Mahasiswa Punya Potensi Besar Bangkitkan Pariwisata di Baubau

Dinas Pariwisata Baubau menggelar Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi mahasiswa, Selasa (19/7/2022).

Istimewa
Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi mahasiswa di Baruga La Ode Malim Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau, Selasa (19/7/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Dinas Pariwisata Baubau menggelar Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi mahasiswa, Selasa (19/7/2022).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse di Baruga La Ode Malim Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

La Ode Ahmad Monianse mengatakan, pemerintah sangat memberikan apresiasi terhadap kampus Unidayan Baubau yang telah memberikan ruang bagi Dinas Pariwisata.

Sehingga pelaksanaan kegiatan tentang program penguatan kepariwisataan di lingkungan kampus, menggunakan basis mahasiswa sebagai peserta bisa terlaksana dengan baik.

“Kita tidak bisa pungkiri pariwisata akan menjadi urat nadi perekonomian bangsa. Kalau tidak diperjuangkan, maka ini hanya menjadi potensi yang tidur," ucapnya dalam sambutan pada kegiatan ini.

Baca juga: Dinas Pariwisata Kolaka Timur Latih Masyarakat Koltim Membuat Batik Khas Karya Daerah

"Saya melihat mahasiswa dengan sebuah gagasan besarnya, memiliki potensi besar untuk membangkitkan pariwisata ini sehingga benar-benar bangkit dari tidur panjangnya,” terangnya.

Sebagai agen pembaharu, mahasiswa tidak bisa hanya dianggap sebagai stok masa depan yang menunggu sampai selesai kuliah baru berkiprah.

Namun, mahasiswa juga merupakan stok masa kini, yang harus mampu bersinergi dengan dinamika dan kuatnya persaingan global untuk bangkit bersama-sama membangun daerah.

“Jadi jangan menunggu sampai mereka selesai kuliah, tapi kita harus mengajak mereka sejak mereka berproses di kampus dengan bimbingan dosen dan civitas akademika tentunya," kata dia.

"Kekuatan ini harus dibangkitkan secara bersama-sama dengan kekuatan-kekuatan bangsa yang lain, untuk menjadikan pariwisata kita sebagai sebuah kekuatan perekonomian,” ujarnya.

Baca juga: Dewi Safitri Mahasiswi UHO Kendari Terpilih Jadi Duta Pariwisata Sulawesi Tenggara 2022

Berbicara tentang pariwisata saat ini, maka tidak akan terlepas dari media sosial, yang mana pariwisata dan media ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan.

Di mana, lanjutnya, media sosial tersebut saat ini dikuasai oleh sebagian besar kelompok-kelompok muda yang masih berkecimpung di dunia pendidikan seperti kampus.

“Kalau golongan muda kita ini sudah terlibat secara aktif dalam dunia kepariwisataan, itu artinya 50 persen kekuatan pariwisata ini sudah bisa kita gerakkan," jelasnya.

Sehingga harapan besarnya kelompok-kelompok muda yang hari ini sementara digodok di dunia kampus, untuk diajak bersama-sama berpikir tentang cara membangkitkan dunia pariwisata. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved