Wakatobi Tanpa Pesawat

Dishub Sultra Nilai Tingginya Biaya Operasional Jadi Alasan Wings Air Stop Penerbangan ke Wakatobi

Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) menilai tingginya biaya operasional jadi alasan Wings Air stop penerbangan ke Wakatobi.

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra), Muhammad Rajulan 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) menilai tingginya biaya operasional jadi alasan Wings Air stop penerbangan ke Wakatobi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra), Muhammad Rajulan, saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan, pihaknya masih menunggu komunikasi Pemerintah Kabupaten Wakatobi dan maskapai Wings Air di Jakarta, soal keputusan penutupan rute penerbangan Kendari-Wakatobi dan sebaliknya.

"Komunikasi dengan Kepala Dinas Perhubungan Wakatobi, saya meminta mereka berkoordinasi bersama Lion Group mengenai alasan mereka stop rute penerbangan Kendari-Wakatobi," katanya.

Muhammad Rajulan mengatakan dirinya kurang setuju dengan keputusan pihak maskapai Wings Air yang akan menutup rute penerbangan Kendari-Wakatobi dan Wakatobi-Kendari.

Maskapai Wings Air menghentikan rute penerbangan Kendari dan Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai 8 Juli 2022. Kabar penghentian pengoperasian rute Kendari-Wakatobi maupun Wakatobi-Kendari, Provinsi Sultra, tersebut diperoleh TribunnewsSultra.com pada Selasa (05/07/2022).(foto ilustrasi)
Maskapai Wings Air menghentikan rute penerbangan Kendari dan Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai 8 Juli 2022. Kabar penghentian pengoperasian rute Kendari-Wakatobi maupun Wakatobi-Kendari, Provinsi Sultra, tersebut diperoleh TribunnewsSultra.com pada Selasa (05/07/2022).(foto ilustrasi) (Hafid Kustantyo/Wings Air)

Menurutnya keputusan tersebut sangat merugikan dan sepihak, meskipun alasan sementara pihak maskapai menutup rute penerbangan karena kenaikan harga bahan bakar pesawat.

"Kami belum dapat penjelasan alasan mereka menutup, tapi konfirmasi awal karena adanya kenaikan biaya operasional untuk bahan bakar pesawat," ujar Muhammad Rajulan.

Selain itu, alasan pihak Wings Air menutup rute penerbangan Kendari-Wakatobi, karena sekali melayani penerbangan dalam sehari, juga menjadi tugas maskapai dalam manajemen waktu atau jadwal.

"Karena memang pengunjung dari luar daerah selalu transit di Kendari baru ke Wakatobi, seharusnya ada konektivitas dalam pelayanan ini supaya jadwal penerbangan lebih banyak," ungkapnya.

Ia menambahkan, keputusan Wings Air menutup rute penerbangan, bisa berdampak pada penurunan jumlah pengunjung ke Wakatobi, daerah 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Baca juga: Harapan Pelaku Industri Wisata di Wakatobi Soal Wings Air Stop Penerbangan Kendari-Wakatobi Sultra

"Apalagi Wakatobi masuk kawasan wisata nasional bahkan dunia. Untuk itu, kita tunggu komunikasi pemerintah dengan pihak maskapai," ujarnya 

"Kalau memang mereka rugi karena biaya operasional mungkin bisa disiapkan subsidi," kata Muhammad Rajulan menambahkan. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved