Wakatobi Tanpa Pesawat

Harapan Pelaku Industri Wisata di Wakatobi Soal Wings Air Stop Penerbangan Kendari-Wakatobi Sultra

Inilah harapan pelaku industri wisata di Wakatobi soal Wings Air stop penerbangan Kendari-Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
handover
Inilah harapan pelaku industri wisata di Wakatobi soal Wings Air stop penerbangan Kendari-Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebelumnya, maskapai Wings Air mengabarkan pemberhentian sementara rute penerbangan Kendari-Wakatobi dan Wakatobi-Kendari mulai 8 Juli 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Inilah harapan pelaku industri wisata di Wakatobi soal Wings Air stop penerbangan Kendari-Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sebelumnya, maskapai Wings Air mengabarkan pemberhentian sementara rute penerbangan Kendari-Wakatobi dan Wakatobi-Kendari mulai 8 Juli 2022.

Mencuatnya kabar tersebut, membuat pelaku industri wisata Wakatobi berharap agar pemerintah tanggap persoalan ini sehingga kunjungan wisatawan pun tak berpengaruh.

Seorang pemilik penginapan di Kecamatan Tomia, Wakatobi, dr Yudin meminta pemerintah pusat dan daerah bersama memperhatikan soal pemberhentian maskapai satu-satunya di Wakatobi tersebut.

"Iya, pasti akan berdampak pada kunjungan wisatawan dan ini tentu akan berimbas pada jumlah tamu setiap penginapan bukan hanya kami saja," katanya pada Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Pemkab Akan Perjuangkan Penerbangan Kendari-Wakatobi, Ilmiati Sebut Bupati Haliana Sudah di Jakarta

Lanjutnya, sebab menurut pengamatannya mayoritas kunjungan wisatawan yang melakukan penginapan di hotel miliknya merupakan wisatawan lintas udara rute Kendari.

"Iya, selama ini kan kalau dari luar daerah rata-rata yang datang menginap adalah wisatawan yang menggunakan jasa penerbangan dan itu rute Kota Kendari," ujarnya.

Hal senada disampaikan pemilik toko oleh-oleh di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Wakatobi, Sultra, Akbar.

Ia berharap peran pemerintah menyelesaikan permasalahan ini, karena pemberhentian penerbangan Wings Air ini bakal ikut mempengaruhi penjualan toko kuliner miliknya.

"Iya karena selama ini kan yang banyak pembeli adalah wisatawan dari luar daerah yang tentu juga mereka ini rerata penumpang pesawat dari Kota Kendari," ucapnya.

Baca juga: Wabup Wakatobi Shock Wings Air Hentikan Penerbangan Wakatobi-Kendari Usai Kunjungan Presiden Jokowi

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved