Berita Wakatobi

Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo Kendari Ajak Masyarakat Wakatobi Berwirausaha Buat Abon Ikan

Mahasiswa Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari mengajak masyarakat Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berwirausaha.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo Kendari Ajak Masyarakat Wakatobi Berwirausaha Buat Abon Ikan 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mahasiswa Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari mengajak masyarakat Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berwirausaha.

Ajakan wirausaha tersebut dengan memanfaatkan potensi perikanan dan kelautan di Wakatobi, Provinsi Sultra.

Mahasiswa UHO ini tergabung dalam peserta Kuliah Kerja Nyata atau KKN UHO 2022 yang bertempat di Desa Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Panitia Pelaksana, Muhamad Zerdi Edi mengatakan giat ini bertujuan membentuk jiwa wirausaha dan kemampuan pengelolaan sumber daya alam khususnya pada sektor perikanan dan kelautan.

"Kita tahu di Wakatobi ini dikaruniai potensi sumber daya alam kelautan yang melimpah ruah," katanya pada Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Sosialisasikan Penurunan Stunting di Kota Kendari, Fakultas Kedokteran UHO Gelar Bulan Bakti 2022

Untuk itu, Muhamad Zerdi Edi bilang aparat desa dan warga setempat pun diajak memanfaatkan sumber daya alam tersebut guna menjadi wirausaha.

"Jadi memang kami dalam rangka program KKN dan kami melihat di desa setempat akan kurangnya kemampuan wirausaha serta minimnya pengetahuan pengelolaan sumber daya alam," imbuhnya.

Lanjut kata dia, saat proses kegiatan pun para peserta yakni warga sekitar sangat bersemangat dalam pembuatan abon ikan tersebut.

"Iya, peserta sangat bersemangat dalam proses pembuatan abon ini hingga bagaimana proses pemasarannya," ucapnya.

Ia menuturkan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha bagi warga setempat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada.

Baca juga: UKM Pramuka UHO Gelar Compas Halu Oleo 2022 di Kendari, Tampilkan Ragam Pentas Seni 22-26 Juni 2022

"Kesadaran tentang pentingnya berwirausaha dengan banyaknya sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan perekonomian," jelasnya.

"Kegiatan ini merupakan program kerja dari peserta KKN UHO 2022 dan akan dilakukan kembali ketika diperlukan untuk pengembangan," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved