Berita Kendari

Ada Laboratorium di Metaverse, Bahan Pembelajaran Mahasiswa UM Kendari Sebelum Praktik Lapangan

Amir Mahmud mengatakan Virtual Laboratory merupakan laboratorium alat Metaverse yang nantinya bakal menjadi bahan pembelajaran mahasiswa.

Penulis: Husni Husein | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Sulawesi Tenggara bakal membuat Laboratorium Virtual di Metaverse 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Provinsi Sulawesi Tenggara bakal membuat Laboratorium Virtual.

Rektor UM Kendari, Amir Mahmud mengatakan Virtual Laboratory merupakan laboratorium alat Metaverse yang nantinya bakal menjadi bahan pembelajaran mahasiswa.

Lebih lanjut, Amir Mahmud menerangkan, rencana ini merupakan tindak lanjuti kerja sama UMK antara PT Abadi Berkarya Indonesia (ABI).

"Kami bersama PT Abadi Berkarya Indonesia akan bekerjasama memanfaatkan Metaverse dalam dunia pendidikan yang nantinya akan menjadi suatu bahan pembelajaran di dalam laboratorium," katanya pada Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru, Ini Daftar Biaya SPP di Universitas Muhammadiyah Kendari Tahun 2022

Jelasnya, adanya Virtual Laboratory ini mahasiswa dapat memperoleh gambaran dan pengalaman terlebih dahulu sebelum terjun ke lapangan praktik.

"Jadi sebelum mahasiswa melakukan praktek di lapangan atau di laboratorium, mahasiswa sudah bisa melakukan di metavers terlebih dahulu," ungkapnya.

Untuk itu, orang nomor satu di UMK ini menyebut mahasiswa bakal lebih mengusai medan saat akan praktik di lapangan nantinya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan adanya Metavers ini diharapkan juga bakal membantu pelayanan administrasi terutama penunjang promosi kampus di lingkup SMA.

"Jadi kami akan tempatkan beberapa alat metavers (VR) di beberapa sekolah utamanya jenjang SMA sebagai wadah promosi untuk Universitas Muhammadiyah Kendari," terangnya.

"Dengan begitu, kami tidak perlu lagi terjun ke sekolah. Kami hanya memberikan alat itu untuk dimanfaatkan oleh siswa-siswi yang ingin melanjutkan di perguruan tinggi UMK," tambahnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved