Tanggapi Terjaringnya Bupati Bogor Ade Yasin dalam OTT KPK, Ridwan Kamil: Saya Sangat Prihatin

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara atas kejadian terjaringnya Bupati Bogor Ade Yasin dalam operasi tangkap tangan KPK, Rabu (27/4/2022).

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ifa Nabila
Kolase Dok. TribunnewsBogor.com | Kompas.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (KANAN) mengaku sangat prihatin atas terjaringnya Bupati Bogor Ade Yasin (KIRI) dalam serangkaian operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) yang digelar di wilayah Bandung dan Kabupaten Bogor, Jabar pada Selasa (26/4/2022) malam hingga Rabu (27/4/2022) pagi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara atas kejadian terjaringnya Bupati Bogor Ade Yasin dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK).

Ridwan Kamil pun mengaku kaget atas kabar Ade Yasin yang diamankan KPK setelah terjaring dalam serangkaian OTT di wilayah Bandung dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (26/4/2022) malam sampai Rabu (27/4/2022) pagi.

"Saya juga sangat kaget terus terang, tadi pagi baca berita ada OTT KPK, kami belum tahu perkaranya apa, tapi saya sangat prihatin," ujar Ridwan Kamil seperti dikutip TribunnewsSultra.com dari video di kanal YouTube KompasTV yang tayang pada Kamis (28/4/2022).

Ridwan Kamil mengaku prihatin atas tindakan Ade Yasin yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap oleh KPK.

Pasalnya, menurut Ridwan Kamil, ia telah berulang kali mengingatkan perihal dasar kepemimpinan bagi kepala daerah.

Baca juga: Ade Yasin Ngaku Dipaksa Tanggung Jawab Perbuatan Anak Buah: Sebagai Pemimpin, Saya Harus Siap

"Bahwa memimpin itu dasarnya tiga, ada integritas, ada melayani sepenuh hati, dan selalu profesional." papar Ridwan Kamil.

"Nah kalau salah satu seperti integritanya patah seperti ini, tentu ini sangat memprihatinkan," sambungnya.

Menyusul tertangkapnya Ade Yasin oleh KPK, Ridwan Kamil pun mengatakan bahwa pihaknya telah menghubungi Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Ridwan Kamil pun meminta Iwan Setiawan untuk segera mengambil alih kepemimpinan teknis Bupati Bogor terutama dalam hal pelayanan mudik lebaran 2022.

"Saya sudah mengontak kepada Wakil Bupati Bogor untuk segera mengambil alih koordinasi dan kepemimpinan teknis, minimal yang terdekat adalah Kabupaten Bogor harus lancar dalam melaksanakan manajemen mudik, lebaran, dan arus balik," jelas Ridwan Kamil.

Baca juga: Kronologi OTT KPK dan Motif Bupati Bogor Ade Yasin Lakukan Suap Audit Laporan Keuangan Pemkab Bogor

Untuk diketahui, Ade Yasin merupakan adik dari mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin yang juga ditetapkan KPK menjadi tersangka dalam 2 kasus korupsi.

Rahmat Yasin kini diketahui masih menjalani masa hukumannya di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jabar.

Ade Yasin Jadi Tersangka Suap

Bupati Bogor Ade Yasin resmi mengenakan rompi oranye Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan intensif.
Bupati Bogor Ade Yasin resmi mengenakan rompi oranye Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan intensif. (Tribunnews.com/Ilham Rian Pratama)

Diberitakan sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin yang terjaring OTT KPK ditetapkan sebagai tersangka suap pengurusan audit laporan keuangan Pemkab Bogor.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved