Berita Sulawesi Tenggara

Kemenag RI Resmikan Graha Moderasi di Sulawesi Tenggara, Toleransi Beragama Digaungkan

Peresmian Graha Moderasi Beragama milik Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra itu diyakini bakal menggaungkan toleransi beragama.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Risno Mawandili
Istimewa
GRAHA MODERASI - Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Moh Isom Yusqi (berkemeja biru) membubuhkan tanda tangan di papan komitmen moderasi beragama di Graha Moderasi Kanwil Kemenag Sultra, Kamis (27/1/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), meninjau graha Graha Moderasi Beragama di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Graha Moderasi Beragama milik Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra itu diyakini bakal menggaungkan toleransi beragama.

Hal ini sebagaimana dikantakan oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI, Moh Isom Yusqi saat menyambangi gedung tersebut, Kamis (27/1/2022).

Dalam kunjungan kali ini, Moh Isom Yusqi disambut oleh Kakanwil Kemenag Sultra, Zainal Mustamin beserta jajarannya.

Isom Yusqi mengaku sangat terkesan dan takjub dengan adanya Graha Moderasi Beragama di Kanwil Kemenag Sultra.

Baca juga: Andi Merya Nur Tersangka Suap Dana PEN Kolaka Timur, KPK Beberkan Kronologi & Peran Diduga Pelaku

"Dengan adanya Graha Moderasi Beragama ini dapat menggambarkan, bagaimana komitmen Kanwil Kemenag Sultra dalam mendukung pengarusutamaan Moderasi Beragama di Sultra menuju tahun toleransi 2022," ucapnya.

Ia mengatakan, hadirnya Graha Moderasi Beragama dan Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat, akan menjadi spirit baru bagi masyarakat Sultra.

Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat merupakan akronim dari Bersih, Religius, Santun, Hermonis, Berbasis Teknologi.

Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat  memiliki moto 3B (Bersama, Bersatu, Bersaudara).

Graha Moderasi Beragama di Kanwil Sultra bagus untuk mengembangkan pendidikan keagamaan bagi anak-anak di Sultra.

Baca juga: Video Detik-detik Penggerebekan 1 Kilogram Narkoba di Kendari, Diwarnai Tangis Histeris Wanita

"Bisa dijadikan sebagai tujuan kunjungan wisata atau studi tour sekolah dan madrasah yang ada di Sultra untuk mempelajari tentang moderasi,"tuturnya.

"Saya berharap keberadaan Graha Moderasi bisa dimaksimalkan dalam pembangunan keumatan di Sultra dan tidak hanya bersifat musiman. Namun, spirit positif ini bisa ditularkan secara terus menerus,"katanya.

Isom Yusqi juga berkenan menandatangani papan komitmen moderasi beragama yang terdapat di Graha Moderasi, dan meninjau ruang Studio Warta Moderasi Kanwil Kemenag Sultra.

Perlu diketahui, Studio Warta Moderasi ini akan dimanfaatkan sebagai wadah diskusi berbagai majelis agama yang ada di Sultra, demi pembangunan umat yang lebih baik dalam mewujudkan kerukunan dan toleransi.

Graha Moderasi Beragama Kanwil Kemenag Sultra sebelumbya telah diresmikan langsung oleh Gubernur Sultra Ali Mazi, tepat pada peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag RI ke-76, pada 3 Januari 2022 lalu. (*)

(TribunnewsSultra.com/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved