Pilgub Sultra

Lukman Abunawas - Laode Bahrim di Pilgub Sultra 2024, Pengamat Sebut Banyak Tekanan Politik

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Najib Husen menilai, banyak tekanan politik bakal menempa Lukman Abunawas dan Marsda (purn) TNI AU Laode Barhim.

Penulis: Laode Ari | Editor: Risno Mawandili
Istimewa
Pengamat politik di Sulawesi Tenggara, Najib Husain.  

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI - Beberapa kandidat, pasangan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024, mulai bermunculan.

Termasuk Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas berpasangan dengan Marsda (purn) TNI AU Laode Barhim.

Kedua sosok ini termasuk pasangan ideal di Pilgub Sultra 2024 karena merupakan perwakilan dari kepulauan dan daratan Sulawesi Tenggara. Keduanya juga merupakan pimpinan partai politik.

Lukman Abunawas saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sulawesi Tenggara.

Sementara Laode Barhim, merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara.

Baca juga: ASR Sapa Komunitas Petani Konsel: Kami Siap Menangkan Andi Sumangerukka di Pilgub Sultra 2024

Baca juga: Asrun Niat Maju Pilgub Sultra 2024, Pengamat Politik: Pasangannya Harus Punya Elektabilitas Tinggi

Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Najib Husen menilai, banyak tekanan politik bakal menempa Lukman Abunawas dan Marsda (purn) TNI AU Laode Barhim.

Pasalnya, sinyal akan berdampingan di Pilgub Sultra 2024 mendatang cendrung lebih cepat disampaikan dibanding figur-figur lainya.

"Kalau penentuan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu lebih cepat, maka ada plus dan minusnya," ujar Najib saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (10/1/2022).

"Karena harus dipertimbangkan persoalan timing (waktunya). Apakah kalau lebih cepat hasilnya lebih bagus di partai, atau sebaliknya tidak sesuai yang diharapkan," lanjutnya.

Ia melanjutkan, semakin cepat figur meyatakan sikap berpasangan di pilgub, maka tantangan dan tekanan politik akan datang dari pertai lain.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved