Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Cuaca BMKG Sulawesi Tenggara 28 Desember 2021: Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Angin

BMKG memperkirakan, sejumlah wilayah berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir, Selasa (28/12/202

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Muhammad Israjab
Grafis/Rahmandito Dwiatno
Ilustrasi prakiraan cuaca BMKG pada Selasa (26/12/2021) 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Berikut update cuaca melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis peringatan dini prakiraan cuaca ekstrem wilayah Sulawesi Tenggara dan seluruh wilayah Indonesia hari ini Selasa (28/12/2021).

BMKG memperkirakan, sejumlah wilayah termasuk Sulawesi Tenggara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang dan kilat/petir, Selasa (28/12/2021).

BMKG mengatakan prakiraan cuaca, bibit  Siklon Tropis 97S/pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian Utara (memasuki wilayah daratan), sehingga melemahkan intensitasnya dan bergerak ke arah tenggara.

Sirkulasi siklonik terpantau di Utara Kalimantan yang membentuk konvergensi memanjang di Kalimantan Utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Riau, di bengkulu, di Jawa Barat bag Selatan, di Jawa tengah, di perairan selatan Jawa Timur hingga Bali.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG di Sulawesi Tenggara 27 Desember 2021: Waspada Potensi Hujan dan Angin Kencang

Di kalimantan Tengah bagian Utara, di Kalimantan Utara, di Selat Makassar bagian Selatan, di Sulawesi bagian Tengah, di Maluku dan di Papua Barat.

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan Selatan Jawa Timur, Selat Makassar bag Selatan, Laut Flores, di NTT bagian Timur dan di Laut Banda.

Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut daftar peringatan dini cuaca ekstrem BMKG di kabupaten/kota di Indonesia untuk Selasa (28/12/2021), dikutip dari bmkg.go.id:

Baca juga: Prakiraan Cuaca Ekstrem dari BMKG 22-25 Desember 2021, di Sulawesi Tenggara Wakatobi hingga Buton

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved