Breaking News:

Cuaca Ekstrem di Sultra

Prakiraan Cuaca Ekstrem dari BMKG 22-25 Desember 2021, di Sulawesi Tenggara Wakatobi hingga Buton

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) selama 24 jam periode 7 hari terus memantau potensi terjadinya bibit siklon tropis

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Muhammad Israjab
pixabay.com
Peringatan Dini BMKG Potensi Cuaca Ekstrem di Sulawesi Tenggara 3 Hari, 22 sampai 25 Desember 2021 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Berikut prakiraan cuaca melalui rilis BMKG yang akan terjadi di Indonesia mulai 22 sampai 25 Desember 2021.

BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) selama 24 jam periode 7 hari terus memantau potensi terjadinya bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada kondisi cuaca dan gelombang signifikan di wilayah Indonesia.

Analisis dinamika atmosfer pada Rabu (22/12/2021) pukul  jam 07.00 WIB, Jakarta TCWC mengidentifikasi adanya peningkatan potensi pembentukan pola sirkulasi siklonal (pusaran angin) yang dapat meningkat menjadi suspect area potensi bibit siklon tropis.

Di sekitar perbatasan wilayah laut Timor dan Arafura atau sekitar perairan selatan Kepulauan Tanimbar (Saumlaki) dalam periode 2 hari kedepan seiring dengan menguatnya pola sirkulasi dan kecepatan angin sistem tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Potensi Cuaca Ekstrem di Sulawesi Tenggara 3 Hari, Wakatobi, Baubau, Buton

Terpantau pergerakan angin dari Barat Daya hingga Barat Laut memasuki Perairan Baubau hingga Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara dengan maksimum 25 Knots.

Bersamaan dengan itu, Massa udara basah Lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) sampai lapisan 700 mb mencapi 70 - 90 persen, Index labilitas ringan sampai sedang dan pola konvektif skala lokal *di wilayah Sulawesi Tenggara, beserta hangatnya Suhu Muka Laut di wilayah perairan Sulawesi Tenggara.

Mengutip rili BMKG Sulawesi Tenggara terjadi penambahan pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan cukup tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara.

Baca juga: SIMAK Peringatan Dini Cuaca BMKG Hari Ini 22 Desember 2021, Waspadai Hujan Lebat di 26 Wilayah

"BMKG Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan dalam 3 hari ke depan POTENSI CUACA EKSTREM, CURAH HUJAN DENGAN INTENSITAS SEDANG HINGGA LEBAT YANG DAPAT DISERTAI KILAT/PETIR DAN ANGIN KENCANG berpotensi terjadi di beberapa wilayah," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari Sugeng Widarko, S. Si melalui rilis BMKG Sultra, Rabu (22/12/2021).

Berikut prakiraan cuaca hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang 22 Desember 2021:

Wakatobi

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved