Breaking News:

OPINI

Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama dan Keterlibatan Parpol yang “Merasa” Paling NU

Salah satu agenda penting momentum lima tahunan di organisasi muslim terbesar di dunia ini adalah memilih kepemimpinan di tubuh PBNU.

Handover
Muhiddin Nur Ketua Kaderisasi Nasional PB PMII Masa Khidmat 2017-2021 

OPINI: Muhiddin Nur (Ketua Kaderisasi Nasional PB PMII Masa Khidmat 2017-2021)

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Kegiatan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama atau NU tinggal menghitung hari.

Salah satu agenda penting momentum lima tahunan di organisasi muslim terbesar di dunia ini adalah memilih kepemimpinan di tubuh PBNU.

Agenda inilah paling menyita perhatian publik, sekalipun ada agenda-agenda lain yang tidak kalah pentingnya yaitu pembahasan berbagai masalah keumatan dan kebangsaan dalam forum bahtsul masail.

Hal ini terbilang wajar,mengingat NU merupakan organisasi masyarakat dengan basis massa terbesar di Indonesia, yang berdasarkan hasil survey dari LSI Denny JA pada tahun 2020 mencapai 49,5 persen, jauh di atas ormas-ormas lainnya.

Maka tak mengherankan jika perebutan siapa yang akan memimpin PBNU menarik perhatian bukan hanya dari kalangan internal organisasi NU, tetapi juga dari pihak eksternal, misalnya Partai Politik (Parpol).

Baca juga: Kronologi Kepala Bapenda Sulawesi Tenggara Aniaya Aktivis saat Didemo, Adu Mulut hingga Menampar

Jika Parpol hanya sebatas memberi perhatian kepada Muktamar NU, itu tidak menjadi masalah, karena banyak warga NU yang menjadi politisi di berbagai Parpol.

Tetapi jika Parpol ikut terlibat mengintervensi jalannya Muktamar NU, ini yang menjadi masalah besar.

Tanpa saya harus menyebut nama Parpol itu, kita sudah mengetahui bersama bahwa ada Parpol yang “merasa” paling NU sehingga seakan-akan memiliki hak untuk mengatur NU.

Ini yang mesti diwaspadai oleh warga NU, mengingat NU merupakan milik seluruh nahdliyin bukan milik Parpol tertentu yang “merasa” paling NU.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved