Breaking News:

Berita Konawe

Balitbang BPTP Sultra Gelar Bimtek Tentang Tanaman Porang di Konawe

Kegiatan Bimtek itu menyasar para penyuluh dan petani di Konawe. Tujuannya, untuk mulai memperkenalkan tanaman sejenis umbi-umbian yakni porang.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Laode Ari
Arman Tosepu/Tribunnewssultra.com
Badan Penelitian dan Pengembangan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara atau Sultra menggelar Bimbingan Teknis di Kelurahan Lalosabila, KecamataN Wawotobi,Kabupaten Konawe, Minggu (24/10/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Badan Penelitian dan Pengembangan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tenggara atau Sultra menggelar Bimbingan Teknis di Kelurahan Lalosabila, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, Minggu (24/10/2021).

Bimtek itu menyasar para penyuluh dan petani di Konawe. Tujuannya, untuk mulai memperkenalkan tanaman sejenis umbi-umbian yakni porang.

Kepala BPTP Sultra, Muhammad Sidiq mengatakan, pihaknya mengangkat tema bimtek yakni bersinergi menuju pertanian maju, mandiri dan modern. 

Ia melanjutkan, porang memiliki nilai ekspor yang sangat luar biasa dan bisa meningkatkan Kesejahteraan petani.

Namun, kata dia, ada beberapa kendala yang dihadapi terkait tanaman porang ini.

"Kendalanya porang belum terlalu dikenal masyarakat, sehingga kita perlu lakukan bimtek tentang pembudidayaan porang," kata Sidiq.

Baca juga: Karantina Pertanian Kendari Genjot Ekspor Porang asal Konawe Kepulauan ke Luar Negeri

Tak lupa juga, Sidiq memaparlan keunggulan dari tanaman porang. Menurutnya, porang tidak membutuhkan lahan yang luas karena bisa jadi sebagai tanaman sela.

"Porang ini Bisa ditanam di sela-sela tanaman Cacao, merica, jati," lanjutnya.

Muhammad Sidiq juga mengungkapkan, Kegiatan ini diinisiasi oleh Komisi IV DPR RI, melalui kementerian pertanian dan Balitbang Pertanian Sultra.

Ia berharap agar tanaman porang ini bisa dikembangkan petani khususnya di Kabupaten Konawe.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved