Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

KPU Sultra Teken MoU dengan Pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Jadi Locus Program DP3

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ La Ode Ari
Penandatanganan MoU Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) antara KPU Provinsi Sultra dengan Pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

MoU ini diteken bersama Pemerintah Kelurahan Wundumbatu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, di Aula Husni Kamil Malik KPU Provinsi Sultra, Jumat (8/10/2021).

Kegiatan yang dihadiri Anggota KPU Provinsi Sultra, Ketua dan Anggota KPU Kota Kendari, Lurah Wundumbatu, dan Camat Poasia ini dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir.

Ketua KPU Provinsi Sultra, La Ode Abdul Natsir mengatakan, program DP3 merupakan salah satu bagian dari program KPU untuk menarik partisipasi masyarakat.

"Kegiatan ini dilatar belakangi agar bagaimana masyarakat itu berpartisipasi dalam hal kepemiluan," kata La Ode Abdul Natsir.

Baca juga: KPU Kota Kendari Catat 573 Potensi Pemilih Baru, Bertambah Selama Periode September 2021

"Serta memberikan pemahaman kepada warga masyarakat tentang Pemilu baik secara kualitas maupun kuantitas," sambungnya.

La Ode Abdul Natsir menjelaskan, penetapan Kelurahan Wundumbatu untuk program DP3 setelah melalui proses perangkingan sesuai dengan kriteria juknis.

Kriterianya seperti partisipasi pemilih rendah, potensi pelanggaran pemilu tinggi, dan juga potensi konflik tinggi, serta masuk daerah rawan bencana alam.

"Mengenai pemilihan lokasi di Kota Kendari, selain dari kriteria di atas juga mempertimbangkan jarak karena program ini dilaksanakan KPU Provinsi Sultra," ujar La Ode Abdul Natsir.

Ia mengatakan meski program ini masih dalam tahap pembentukan tapi pihak KPU sangat mengapresiasi dukungan pemerintah kecamatan dan kelurahahan yang telah ditunjuk sebagai locus program DP3 tersebut.

Baca juga: KPU Sultra Pilih Kelurahan Wundumbatu Poasia untuk Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu

La Ode Abdul Natsir berharap agar kegiatan ini berjalan dengan sukses dan tentunya harus mendapatkan dukungan semua pihak.

"Sehingga apa yang menjadi tujuan utama dari program ini dapat tercapai," tuturnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari ) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved