Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

KPU Sultra Pilih Kelurahan Wundumbatu Poasia untuk Program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) SulawesI Tenggara (Sultra) memilih Kelurahan Wundumbatu Kecamatan Poasia sebagai lokasi pelaksanaan Program DP3.

Penulis: Laode Ari | Editor: Laode Ari
Istimewa
Rapat bersama Komisioner KPU Sultra dengan KPU Kota Kendari dalam penetapan lokasi program Desa/Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Aula KPU Sultra, Kamis (26/08/2021). Dalam rapat penentuan itu, dipilih Kelurahan Wundumbatu Kecamatan Poasia sebagai lokasi program tersebut. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) SulawesI Tenggara (Sultra) memilih Kelurahan Wundumbatu Kecamatan Poasia sebagai lokasi pelaksanaan Program Kelurahan/Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ( DP3 ).

Keputusan KPU Sultra memilih Kelurahan Wundumbatu Kecamatan Poasia Kota Kendari, seusai rapat bersama dengan jajaran KPU Kota Kendari, Kamis (26/08/2021) di Aula KPU Sultra.

Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Sultra didampingin anggota, Al Munardin, Iwan Rompo, dan Muh. Nato Al-Haq, serta Sekretaris, Syafruddin.

Sementara dari KPU Kota Kendari turut hadir Ketua Ketua Jumwal Shaleh, anggota Asril, Alasman, La Ndolili dan Sri Marliyah Putri, bersama Sekretaris, Wasil.

Baca juga: Pilkada Serentak 2024, KPU Sultra Beberkan Evaluasi Petugas TPS, Logistik dan Data Pemilih Ganda

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir menjelaskan, penetapan Kelurahan Wundumbatu sebagai lokasi pelaksanaan DP3 setelah melakukan perengkingan terhadap kriteria sebagaimana terdapat dalam petunjuk teknis atau Juknis.

"Adapun kriteria yang dimaksud, yakni partisipasi pemilih rendah, potensi pelanggaran pemilu tinggi, dan juga potensi konflik tinggi, serta masuk daerah rawan bencana alam," kata Natsir dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/08/2021).

Menurut Natsir, ada beberapa kelurahan dengan partisipasi pemilih rendah dalam Kota Kendari, seperti Mangga Dua, Korumba, Lahundape, Lalolara, Rahandouna, Bende, Mokoau, dan Baruga.

Namun setelah dikombinasikan dengan dua kriteria lainnya maka dipilih Kelurahan Wundumbatu sebagai lokasi yang tepat terlaksananya program tersebut.

Sedangkan mengenai memilih lokasi di Kota Kendari, selain dari kriteria dia atas juga mempertimbangkan jarak dengan KPU Sultra, karena program ini dilaksanakan KPU Sultra," jelasnya.

Baca juga: Ketua KPU Sultra Sebut Pilgub Sulawesi Tenggara dan Pilwali Kendari 27 November 2024 Belum Paten

Sementara KPU Kabupaten/kota hanya membantu mengkoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat. Selain itu membantu merekrut peserta sebagai calon kader peduli pemilu/pemilihan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved