Breaking News:

Instruktur Mekanik Sebut Salah Pilih BBM Berakibat Fatal Bagi Mesin, Kendaraan Bisa Boros

Penggunaan bahan bakar dengan pertimbangan ekonomis rupanya bisa membuat kendaraan malah jauh lebih boros.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Muhammad Israjab
Istimewa
Instruktur mekanik di Bengkel Honda Sanggar Laut Group, Kota Makassar, Muhammad Arief Munafri sebut Salah Pilih BBM Bisa Berakibat Fatal Bagi Mesin hingga Kendaraan Bisa Boros. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Saat ini beragam jenis BBM (Bahan Bakar Minyak) yang dijual, namun seringkali  pengendara hanya memilih bahan bakar terjangksu atau murah.

Sehingga hal tersebut bisa berakibat fatal bagi mesin kendaraan karena salah memilih BBM.

Penggunaan bahan bakar dengan pertimbangan ekonomis rupanya bisa membuat kendaraan malah jauh lebih boros.

Bahkan, penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah yang tidak sesuai jenis kendaraan rupanya bisa berakibat fatal terutama kerusakan mesin. 

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang instruktur mekanik di Bengkel Honda Sanggar Laut Group, Kota Makassar, Muhammad Arief Munafri yang sudah berpengalaman selama 5 tahun bergelut di dunia perbengkelan.

Baca juga: Istri jadi TKW di Malaysia, Suami Rudapaksa Anak di Kamar Korban Berkali-kali

" Beberapa fakta kondisi mesin yang ditemui seringkali dalam keadaan memperihatinkan. Padahal, pemakaiannya masih baru dan kurang dari 5 tahun,"ucapnya melalui rilis pers Media Kendari Pertamina, Selasa (14/9/2021).

Kualitas bahan bakar khususnya jenis bensin atau gasoline dilihat dari angka oktannya atau biasa disebut dengan RON (Research Octane Number). 

Semakin tinggi nilai oktan, semakin baik pembakarannya untuk mesin kendaraan dan semakin sedikit menghasilkan emisi gas buang kendaraan. 

Saat ini di pasaran untuk BBM jenis gasoline terdapat RON 88 Premium atau setara, RON 90/91 Pertalite atau setara, RON 92 Pertamax atau RON 95/98 Pertamax Turbo. 

Banyak keluhan pelanggan ia dapatkan dengan mobil bermasalah di awal tahun pemakaian. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved