Breaking News:

Berita Konawe Selatan

Mahasiswa KKN Tematik UHO Dampingi Guru di Ranomeeto Lebih Kreatif Manfaatkan Sarana Belajar Daring

Mahasiswa UHO Kendari memberikan pendampingan terhadap guru di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Penulis: Sri Rahayu | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Suasana pendampingan oleh Tim KKN Tematik FKIP UHO Kendari terhadap guru di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONSEL - Mahasiswa Universitas Halu Oloe (UHO) Kendari memberikan pendampingan terhadap guru di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mahasiswa tersebut tergabung dalam Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO Kendari.

Selama sebulan mengabdi di wilayah tersebut, mahasiswa memberikan pendampingan kepada para guru untuk lebih kreatif memanfaatkan media pembelajaran daring (online).

Seperti penggunaan aplikasi Zoom dan Google Meet, khususnya di tengah pandemi Covid-19 untuk mengajar siswa-siswinya.

Ketua Tim KKN Tematik, Dr H Mohamad Salam mengatakan berdasarkan observasi awal, masih ada beberapa guru di Kecamatan Ranomeeto belum memahami cara penggunaan Zoom dan Google Meet dalam proses belajar mengajar daring.

Baca juga: Pembekalan KKN Tematik UHO Kendari, Mahasiswa Farmasi Dimintai Bantu Masyarakat Cegah Covid-19

Sehingga melalui program KKN Tematik kali ini, pihaknya berupaya untuk memberikan pemahaman kepada para guru terkait pemanfaatan media belajar berbasis daring tersebut.

“Mahasiswa memulai kegiatannya dengan pengenalan tentang aplikasi Zoom dan Google Meet serta penggunaan aplikasi tersebut sebagai media pembelajaran pada proses belajar mengajar," kata Mohamad Salam kepada Tribunnewssultra.com, Senin (13/9/2021).

Tak hanya sekadar mendampingi untuk mengenalkan media tersebut, pihaknya juga memberikan sejumlah tips untuk menciptakan suasana belajar daring lebih menarik, dan tidak membosankan.

Misalnya, para guru harus aktif mengajak siswa berkomunikasi, dan tak melulu sepanjang proses belajar memaparkan materi, tetapi juga menciptakan interaksi dengan para siswa.

Terkait pengabdian ini, warga sekitar dalam hal ini guru memberi respon baik. Sutarman misalnya.

Baca juga: Alasan UHO Kendari Lepas Mahasiswa KKN Dimasa PPKM di Sultra: Pengabdian hingga Program Pemerintah

Pria yang berprofesi sebagai guru di SDN 1 Ranomeeto ini mengaku sangat terbantu dengan kehadiran tim KKN tersebut.

"Tentunya memberi dampak positif dan sangat membantu kepada kami, para guru. Jadi kami bisa lebih paham bagaimana ajar proses belajar mengajar secara daring tidak membosankan," kata dia.

Selain itu, ia juga bisa lebih kenal dengan fitur-fitur yang bisa digunakan, yang ada dalam aplikasi tersebut.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan KKN Tematik tersebut berlangsung di SDN 1 Ranomeeto, SDN 3 Ranomeeto, dan SMPN 1 Ranomeeto. (*)

(TribunnewsSultra.com/Sri Rahayu)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved