Breaking News:

Berita Sulawesi Tenggara

Rektor Unsultra Sebut Pengusaha Muda Harus Beradaptasi dengan Digitalisasi di Era Society 5.0

Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun sebut pengusaha muda harus mampu beradaptasi dengan digitalisasi di eras Society 5.0.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Muh Ridwan Kadir
Workshop Penyusunan Peta Jalan Pemberdayaan Pemuda Dalam Wirausaha di Provinsi Sulawesi Tenggara, di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Sultra, Rabu (1/9/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Rektor Unsultra, Prof Dr Andi Bahrun sebut pengusaha muda harus mampu beradaptasi dengan digitalisasi di eras Society 5.0.

Prof Dr Andi Bahrun mengatakan di era Society 5.0 mengharuskan serta mewajibkan setiap orang, utamanya para pengusaha muda bisa menggunakan information technology (IT).

Menurutnya, seharusnya ada pihak yang melatih serta melakukan pembinaan terhadap pengusaha muda dalam beradaptasi dengan digitalisasi saat ini.

Kata dia, saat ini dibutuhkan ruang yang jelas serta tepat untuk para pengusaha muda seperti memasarkan produk lokal yang ada.

"Walau saat ini memang era digitalisasi, tetapi pelaku usaha harus taat terhadap aturan. Hal itu guna tak menyalahi hukum yang telah ditetapkan," ujar Prof Dr Andi Bahrun usai workshop di Kantor Bapedda Sultra, Rabu (1/9/2021).

Prof Dr Andi Bahrun menyebutkan permasalahan atau kendala yang dihadapi pelaku usaha di samping modal, yakni kualitas dan kuantitas yang diberikan.

Baca juga: BI Sebut Sektor Produksi Pertanian di Sultra Masih Rendah, Peralatan Belum Maksimal Dimanfaatkan

Rektor Unsultra itu mengatakan tiap produk yang dipasarkan harus mempunyai ketersediaan kuantitas dan memenuhi standar.

Ia memberikan contoh komoditas beras, industri meminta dua ton, tetapi pelaku usaha tak dapat memenuhi permintaan tersebut.

" Ini artinya dalam hal kuantitas saja sudah melemah," ujarnya.

Selanjutnya, masalah kualitas. Kata dia, industri sangat memperhatikan kualitas, sehingga sudah seharusnya pelaku usaha selalu menawarkan produk terbaiknya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved