Breaking News:

Berita Kendari

Mudahkan Transaksi Non-Tunai di Pasar, BI Sultra Resmikan Pasar Digital Baruga Kota Kendari

Mempermudah transaksi non-tunai di pasar tradisional, Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (Sultra) meresmikan Pasar Digital Baruga Kota Kendari. 

Penulis: Amelda Devi Indriyani | Editor: Sitti Nurmalasari
Bank Indonesia Sultra Launching Pasar Digital Baruga di Pasar Baruga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/6/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Mempermudah transaksi non-tunai di pasar tradisional, Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (Sultra) meresmikan Pasar Digital Baruga Kota Kendari

Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah gencar menerapkan pembayaran non-tunai di pasar-pasar tradisional.

Untuk menerapkan pembayaran non-tunai ini, BI Sultra meresmikan Pasar Digital Baruga, di Pasar Baruga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/6/2021).

Kegiatan tersebut juga merupakan peresmian pembayaran retribusi pasar secara non tunai menggunakan teknologi digital.

Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Sultra, Bimo Epyanto, mengatakan program tersebut dilakukan dengan terus bekerja sama berbagai pihak dalam pengembangan UMKM khususnya di wilayah Kota Kendari.

Bimo mengatakan, salah satu layanan pembayaran non-tunai yang paling mudah untuk digunakan baik dari sisi pedagang maupun pembeli adalah QR Code Indonesian Standard atau QRIS.

Baca juga: Bank Indonesia Sulawesi Tenggara Dorong Gerakan Wakaf Tunai, Bangun Ekonomi dan Keuangan Syariah

Hal ini diharapkan dapat membantu memaksimalkan penjualan pedagang dan pencatatan keuangan para pedagang.

Menurutnya, ekosistem digital sangat berperan penting dalam perkembangan elektronifikasi transaksi di suatu wilayah.

Bimo menyebut alasan memilih Pasar Baruga Kota Kendari sebagai lokasi pasar digital karena Pasar Baruga merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Kendari.

"Melalui kegiatan pada pagi hari ini harapannya Pasar Baruga dapat menjadi salah satu pasar yang menerapkan digitalisasi dalam setiap kegiatannya baik dalam penjualan yang bisa merambah ke platform online," kata Bimo.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved