Berita Sulawesi Tenggara

Bapenda Sultra Bakal Hadirkan Samsat Drive THRU, Mudahkan Masyarakat saat Bayar Pajak Kendaraan

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara (Sultra) segera menghadirkan Satuan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Drive THRU.

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Laode Ari
Muhammad Ridwan Kadir/Tribunnewssultra.com
Samsat Drive THRU yang bakal dihadirkan Bapenda Sultra, berlokasi di Areal eks MTQ Kendari tepatnya di depan Samsat Kota Kendari. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM,KENDARI- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara (Sultra) segera menghadirkan Satuan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Drive THRU.

Samsat Drive THRU itu sendiri berlokasi di Areal eks MTQ Kendari tepatnya di depan Samsat Kota Kendari.

Inovasi tersebut dibuat bersama Jasa Raharja, Bank Sultra dan pihak Kepolisian.

Menurut Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad, salah satu inovasi tersebut bertujuan guna memudahkan masyarakat membayar pajak.

Terlebih disaat pandemi agar tak terjadi kerumunan sehingga menimbulkan klaster.

"Dengan kolaborasi bersama pihak terkait artinya kami bisa memudahkan masyarakat saat hendak membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), lebih cepat dan lebih mudah," ucap Suharmin saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: 5 Program Inovasi Pengembangan Bapenda Sultra Pada 2021 untuk Pelayanan Warga saat Pandemi Covid-19

Suharmin menyebut, dengan sistem pembayaran di Samsat Drive Thru ini nantinya masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan untuk membayar pajak, cukup stay di kendaraannya.

Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad saat menjelaskan terkait 5 program dari Bapenda Sultra pada 2021 untuk tetap memberikan pelayanan masyarakat meski Pandemi Covid-19. Selasa (10/8/2021).
Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad saat menjelaskan terkait 5 program dari Bapenda Sultra pada 2021 untuk tetap memberikan pelayanan masyarakat meski Pandemi Covid-19. Selasa (10/8/2021). (Muhammad Ridwan Kadir/Tribunnewssultra.com)

Selain itu, Samsat Drive Thru hanya melayani pembayaran pajak tahunan.

Sementara untuk penggantian Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tiap 5 tahunnya, harus tetap di Samsat kota.

Hal itu dikarenakan saat penggantian STNK tiap 5 tahunnya harus dilakukan pengecekan fisik kendaraan.

Saat ini Samsat Drive THRU masih terkendala pada jaringan internet dan juga kelistrikan serta masih terus komunikasi lintas sektor karena instansi yang tergabung dalam Samsat memiliki aplikasi tersendiri.

"Seharusnya memang Samsat Drive THRU ini sudah beroperasi namun karena adanya PPKM mengharuskan semua kegiatan tak dibolehkan berkumpul, sehingga hal itu yang menjadi kendala kami yaitu komunikasi lintas sektor secara langsung," ucapnya.

Baca juga: Mudahkan Pelayanan saat PPKM Mikro, BPJS Kesehatan Kota Kendari Hadirkan Layanan Pandawa

Suharmin menyebut, walau memang lokasi atau bangunan Samsat Drive THRU sudah tersedia namun yang masih menjadi kendala saat ini yaitu aplikasi lintas sektor.

Karena dari keempat instansi yang tergabung dalam Samsat Drive THRU semua ada aplikasinya tersendiri.

Sehingga ini menjadi suatu tantangan yang harus diselesaikan dengan bersama yaitu dengan melakukan koordinasi yang lebih intens lagi agar semua kendala dapat terselesaikan.

Untuk diketahui, semua properti yang digunakan dalam Samsat Drive Thru merupakan sumbangsi dari masing-masing instansi.

Seperti papan nama merupakan hibah dari Jasa Raharja, bangunan berupa kontainer merupakan pemberian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sultra, dan Isi dalam berupa komputer dan lainnya dari Bapenda Sultra. (*)

(TribunnewsSultra/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved