Berita Sulawesi Tenggara

5 Program Inovasi Pengembangan Bapenda Sultra Pada 2021 untuk Pelayanan Warga saat Pandemi Covid-19

Terdapat lima inovasi atau program pengembangan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penulis: Muh Ridwan Kadir | Editor: Laode Ari
Muhammad Ridwan Kadir/Tribunnewssultra.com
Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad saat menjelaskan terkait 5 program dari Bapenda Sultra pada 2021 untuk tetap memberikan pelayanan masyarakat meski Pandemi Covid-19. Selasa (10/8/2021). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Terdapat lima inovasi atau program pengembangan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk peningkatan pelayanan masyarakat saat pandemi Covid-19.

Inovasi tersebut tercantum dalam daftar program yang sedang atau akan dijalankan oleh Bapenda Sultra.

Hal itu disampaikan Sekretaris Bapenda Sultra, Suharmin Arfad.

"Pada 2021 kali ini, kami dari Bapenda Sultra telah banyak melakukan inovasi," ucap Suharmin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Mudahkan Pelayanan saat PPKM Mikro, BPJS Kesehatan Kota Kendari Hadirkan Layanan Pandawa

Bapenda Sultra bertempat di Jl Haluoleo, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Lanjut Suharmin kelima program pengembangan tersebut yaitu Samsat Keliling, Samsat Drive THRU, Info Pajak, dan Penerapan Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang pembebasan Denda Pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Inovasi dari Bapenda Sultra tersebut Kata Suharmi, untuk memudahkan masyarakat terlebih disaat pandemi Covid-19 saat ini.

"Kemudahan tersebut seperti misalnya pembayaran pajak yaitu ada Samsat Keliling, jadi masyarakat tak perlu menumpuk di kantor Samsat, masyarakat bisa lihat jadwalnya sehingga dengan begitu akan mengurangi kerumunan," bebernya.

Sementara, untuk program Samsat Keliling anggaran yang digunakan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 berupa Kendaraan roda empat yaitu sebesar Rp 530 juta.

Untuk interior dalam mobil anggaran yang digunakan bersumber dari CSR Bank Sultra yaitu sebesar Rp 200 juta.

Baca juga: OJK Sultra Beri Imbauan Penggunaan Layanan Mesin ATM Guna Perlindungan Nasabah & Konsumen

Diketahui, Corporate Social Responsibilit (CSR) atau Tanggung jawab sosial perusahaan adalah pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

"Untuk Samsat Keliling kami sudah laksanakan dan sudah diterapkan sejak 2019 lalu dan hingga saat ini masih berjalan," ujarnya.

Suharmin menyebut program kedua yaitu Samsat Drive THRU sumber anggarannya sendiri berasal dari Bank Sultra sebesar Rp 50 juta.

"Letaknya sendiri berada di eks MTQ dan direncanakan program tersebut berjalan dan dimulai pada 2021 ini," ungkapnya.

Program ketiga yaitu Info Pajak sumber dan jumlah anggarannya sendiri itu semua berasal dari CSR Bank Sultra dan belum tercantum berapa anggarannya.

Baca juga: Minim Anggaran, Dana Sosialisasi Pajak di Bapenda Kota Kendari Dipangkas Jadi Rp26 Juta Pertahun

"Untuk program Info Pajak telah berjalan pada tahun ini hal ini tentu memudahkan bagi masyarakat yang ingin mengetahui berapa jumlah pembayaran pajaknya," ujarnya.

Program keempat Penerapan Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2021 tentang pembebasan Denda Pajak dan BBNKB.

"Program kami yang terakhir yaitu pembebasan Denda Pajak dan BBNKB, yang sudah kami laksanakan dan sementara itu kami sudah perpanjang lagi," tutupnya. (*)

(TribunnewsSultra/Muh Ridwan Kadir)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved