Breaking News:

Berita Kendari

Jadi Syarat Mengajar Tatap Muka di Sekolah, Pemkot Kendari Wajibkan Guru Miliki Sertifikat Vaksin

Jelang belajar tatap muka di sekolah Juli 2021, Dikmudora Kota Kendari menuntut guru miliki sertifikat vaksin sebagai syarat mengajar.

Penulis: Muhammad Israjab | Editor: Sitti Nurmalasari
(Amelda Devi Indriyani/TribunnewsSultra.com)
Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Jelang belajar tatap muka di sekolah Juli 2021, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menuntut guru memiliki sertifikat vaksin sebagai syarat mengajar.

Kepala Dikmudora Kota Kendari, Makmur telah menginstruksikan seluruh sekolah untuk mewajibkan tenaga pendidiknya menerima vaksin.

Mulai guru tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Jadi guru yang belum memiliki sertifikat vaksin kemungkinan tidak diizinkan mengajar secara tatap muka," ungkap Makmur, Selasa (8/6/2021).

Namun dikhususkan bagi guru yang memiliki riwayat penyakit atau gejala lain sehingga tidak bisa divaksinasi, maka berlaku pembelajaran secara daring.

Baca juga: Respon Kecelakaan Maut Mahasiswa, UHO Bakal Evaluasi Keamanan Kendaraan, Jeda Kunjungan Industri

Baca juga: Sehari Pencarian,TKA China di PT OSS yang Tenggelam di Sungai Muara Sampara Konawe Belum Ditemukan

Seperti penyakit bawaan (komorbid) hipertensi, diabetes, penyak jantung, ginjal, paru-paru, kemudian ibu menyusui, dan ibu hamil.

"Ada kriteria guru yang tidak bisa divaksin karena komorbid. Kami harapkan tetap ke puskesmas terdekat untuk melapor," ujarnya.

Kata dia, agar dilakukan pendataan dan memperoleh keterangan untuk menggelar pembelajaran baik secara tatap muka maupun secara daring.

Hingga Senin (7/6/2021) tercatat sekira 2.115 guru (45 persen) telah menerima vaksin dari sekira 4.576 guru yang menjadi sasaran vaksinasi.

“Kita berharap guru yang belum divaksin untuk segera menuju puskesmas terdekat yang berada di wilayah domisilinya untuk segera divaksin,” ungkap Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kendari ini.

Juli 2021, SD-SMP di Kota Kendari Gelar Belajar Tatap Muka

Seluruh SD dan SMP di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal gelar proses belajar tatap muka Juli 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Makmur, mengatakan kesiapan belajar tatap muka sudah dilakukan sejak Januari 2021 lalu.

Kata dia, semua persyaratan penerapan protokol kesehatan (prokes) telah disiapkan, karena belum mendapatkan izin, sehingga rencana itu tertunda.

Baca juga: Buntut Kecelakaan Maut Mahasiswa UHO di Bombana, Keluarga Korban Pertanyakan Profesionalisme Kampus

Baca juga: DPRD Kota Kendari Kunjungi Sejumlah Sekolah, Pantau Penerapan Prokes Jelang Belajar Tatap Muka

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved