Breaking News:

32 Desa di Kolaka Utara Salurkan BLT DD Bulan ke-5, KPPN Kolaka Imbau agar Dilakukan Tepat Waktu

Sebanyak 32 Desa di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bulan ke-5 pada awal Mei 2021

Penulis: Sitti Nurmalasari | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kepala KPPN Kolaka Arief Rokhman 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Sebanyak 32 Desa di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bulan ke-5 pada awal bulan Mei 2021 ini.

Kepala KPPN Kolaka, Arief Rokhman mengatakan total nilai BLT DD yang disalurkan sebesar Rp402,9 juta.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupeten Kolaka Utara, karena tepat waktu dalam melakukan penyaluran BLT DD bagi masyarakat,” ujar Arief dalam rilis persnya, Jumat (7/5/2021).

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah menetapkan penggunaan Dana Desa tahun 2021 dengan prioritas pemberian BLT kepada masyarakat miskin selama 12 bulan dengan besaran Rp300ribu per bulan per keluarga.

Adapun penyalurannya telah diatur setiap bulan mulai Januari hingga Desember nanti.

BLT Dana Desa diharapkan menjadi jaring pengaman sosial bagi keluarga tidak mampu guna meringankan beban hidup di tengah situasi ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Inilah Ciri-ciri Alam Malam Lailatul Qadar, Simak Cara Hitung Perkiraannya

Baca juga: Hari Kedua Larangan Mudik, Belum Ada Posko Penyekatan di Gerbang Puuwatu Perbatasan Kendari-Konawe

Karenanya penting untuk mengawal ketepatan sasaran, jumlah dan waktu penyaluran BLT Dana Desa.

Berdasarkan data Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) sampai tanggal 4 Mei 2021, realisasi Dana Desa di Kolaka Utara telah mencapai Rp51 miliar atau 40,13 persen dari alokasi Rp127,18 miliar untuk 127 desa.

Adapun rinciannya sebagai berikut tahap I sebesar Rp38,66 miliar tuntas disalurkan untuk 127 desa, alokasi dana Covid-19 untuk 68 desa sebesar Rp5,34 miliar.

Untuk BLT sendiri telah disalurkan sebanyak Rp4,94 miliar dengan rincian bulan ke-1 sebesar Rp1,36 miliar untuk 126 desa atau tinggal satu desa yang belum disalurkan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved