Breaking News:

7 Fakta Unik Jembatan Teluk Kendari yang Jarang Diketahui, dari Gubernur Nur Alam hingga Ali Mazi

Berikut 7 fakta unik Jembatan Teluk Kendari yang dibangun sejak era Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam hingga masa Gubernur Sultra Ali Mazi.

handover
Jembatan Teluk Kendari 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI – Berikut 7 fakta unik Jembatan Teluk Kendari yang dibangun sejak era Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam hingga masa Gubernur Sultra Ali Mazi.

Jembatan yang dulunya bernama Jembatan Bahteramas tersebut kini menjadi ikon baru Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, setelah diresmikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi) pada Kamis (22/10/2020) lalu.

Dengan dibangunnya Jembatan Teluk Kendari ini, kata Jokowi, konektivitas dan pergerakan manusia dan barang menjadi semakin efisien.

"Dengan demikian daya saing Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari meningkat ditandai dengan tumbuhnya pengembangan usaha-usaha baru," kata Jokowi saat meresmikan jembatan tersebut, belum lama ini.

Berikut 7 fakta unik tentang Jembatan Teluk Kendari yang mulai dibangun sejak era Nur Alam dan baru rampung di masa kepemimpinan periode kedua Gubernur Sultra Ali Mazi dihimpun TribunnewsSultra.com dari berbagai sumber:

1. Kabel dari Austria

Jembatan sepanjang 1,34 km tersebut secara fisik menghubungkan sisi kawasan Pelabuhan Kota Lama dengan sisi Pulau Bungkutoko di Kecamatan Poasia di Kota Kendari, Sultra. Terdiri dari pembangunan jalan pendekat atau oprit (602,5 meter), approach span (357,7 meter), side span (180 meter), dan bentang utama atau main span (200 meter).

Teknologi yang digunakan pada pembangunan jembatan ini adalah cable stayed dengan kabelnya diimpor dari Austria. Jembatan Teluk Kendari memiliki lebar 20 meter dengan empat lajur serta median dan trotoar.

Presiden Joko Widodo (tengah), Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadian (kanan), dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi meninjau Jembatan Teluk Kendari, Kamis (22/10/2020).
Presiden Joko Widodo (tengah), Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadian (kanan), dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi meninjau Jembatan Teluk Kendari, Kamis (22/10/2020). (ANTARA FOTO/Biropreskepresidenan/JJ/foc)

2. Jembatan Kabel Terpanjang Ketiga di Indonesia

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyampaikan, Jembatan Teluk Kendari dengan panjang 1.349 meter merupakan jembatan dengan model bentangan kabel ketiga terpanjang di Indonesia, setelah Jembatan Suramadu dan Jembatan Pulau Balang di Balikpapan.

Halaman
1234
Editor: Aqsa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved