Berita Baubau

2 Kapal Perintis Tol Laut Bakal Hadir di Pelabuhan Banabungi Buton Sultra, Rute dan Harga Tiket

Sebanyak dua kapal perintis tol laut bakal singgah di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Istimewa
Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BUTON - Sebanyak dua kapal perintis tol laut bakal singgah di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kedua kapal perintis tersebut adalah KM Sabuk Nusantara 82 Pangkalan Kendari dengan kode Trayek R-56 dan KM Aqua Star Pangkalan Kendari dengan kode Trayek R-54 yang memuat orang dan barang.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton, La Rahadi mengatakan KM Sabuk Nusantara 82 mempunyai kapasitas 500 penumpang dan 100 ton barang.

Kapal tersebut, lanjutnya, bakal melayani rute dari Pelabuhan Banabungi dengan tujuan Kendari-Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko-Kalabahi dan Lawoleba.

Sementara, KM Aqua Star memiliki kapasitas 80 orang dan melayani rute dari Pelabuhan Banabungi dengan tujuan Kendari-Baubau-Pola-Banggai-Sanana dan Obi.

Baca juga: Warga Wakatobi Naik Kapal Pelni Sabuk Nusantara Rayakan Malam Pergantian Tahun Baru 2023 di Kendari

"Keduanya bisa memuat motor dan harga tiketnya dimulai dari Rp6.000 – Rp40 ribu," kata La Rahadi, Rabu (25/1/2023).

Kata dia, capaian ini merupakan instruksi langsung dari Pj Bupati Buton agar mengajukan proposal ke Kementerian Perhubungan RI dan mendapatkan respons yang baik.

Lanjutnya, dalam permohonan tersebut, pihaknya meyakinan Kabupaten Buton memiliki potensi yang luar biasa dan menjadi komoditas andalan antarpulau.

"Di kementerian juga kami meyakinkan dari sektor pangan, hasil-hasil bumi yang dilewati rute kapal perintis tersebut memiliki potensi alam berbeda-beda dan akan disuplay di pulau yang dilalui,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya dua kapal perintis Sabuk Nusantara tersebut, dapat membantu masyarakat utamanya dalam mobilitas penumpang dan barang.

Baca juga: Jasa Raharja Sultra-Koperasi Jarangka Puma Abadi Teken Jaminan Perlindungan Penumpang Kapal Laut

Selain itu, harga barang dapat terjangkau karena tarif angkutan barang dan orang relatif sangat terjangkau.

"Harapan kami, adanya dua kapal ini dari segi mobilitas penduduk tidak ada lagi hambatan, terutama dari finansialnya karena dengan harga terjangkau sudah bisa mencapai daerah Obi dan lain," ujarnya.

"Kemudian harga komoditi pangan bisa turun melalui transportasi yang murah ini," jelasnya menambahkan.

Ke depan, Pemkab Buton melalui Dinas Perhubungan akan mengajukan proposal untuk mengoneksikan Pelabuhan Banabungi dan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta guna tol barang. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muhammad Abiddin)

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved