Berita Sulawesi Tenggara

Patung Oputa Yi Koo di Bundaran Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara Dirancang Pematung Yogyakarta

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Dinas Cipta Karya dan Bina Konstruksi saat ini merancang pembangunan patung Oputa Yi Ko

Penulis: Laode Ari | Editor: Sitti Nurmalasari
handover
Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi, dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul mengatakan patung Oputa Yi Koo di Bundaran Kantor Gubernur Sultra dirancang pematung Yogyakarta. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang saat ini merancang pembangunan patung Oputa Yi Koo.

Rencananya patung pahlawan nasional asal Buton ini dibangun di Bundaran Kompleks Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara di Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari.

Pemprov Sultra merancang patung setinggi 6 meter ini diproyeksikan selesai pengerjaan Desember 2022 dengan menghabiskan Rp1,8 miliar dari APBD.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul mengatakan progres pengerjaan patung masih terus berjalan.

"Sekarang patungnya sementara dikerjakan pematung dari Yogyakarta," ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Ground Breaking Patung Oputa Yi Koo di Baubau, Gubernur Hadir Virtual Rapat Perubahan APBD Sultra

Pahri Yamsul mengungkapkan progres pembangunan patung Oputa Yi Koo sudah direncanakan Gubernur Sultra sejak tahun 2018.

Namun, karena terdampak pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran, patung tersebut baru bisa dikerjakan tahun 2022.

Selain itu, meski pembangunan patung Sultan Buton ke-20 dan 22 ini mendapat kritikan dan penolakan masyarakat, dirinya optimis bisa selesai pengerjaan pada Desember 2022.

"Jadi rancangan patungnya itu tidak permanen, kalau nanti diprotes bisa dipindahkan ke tempat lain," tutur Pahri Yamsul. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved