KGSB Majukan Kemampuan Literasi Menulis Tenaga Pendidik Peringati Hari Guru, Dipandu Jurnalis Senior

Meningkatkan kemampuan literasi menulis, Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB) bersama Rumah Guru BK (RGBK) menyelenggarakan kelas literasi menulis.

Istimewa
Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB) mengadakan Kelas Penulisan KGSB Batch 1 yang berlangsung mulai dari 26 November hingga 10 Desember 2022. Kegiatan ini diadakan dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional 2022 sekaligus apresiasi kepada Guru anggota KGSB. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM- Meningkatkan kemampuan literasi menulis, Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB) bersama Rumah Guru BK (RGBK) menyelenggarakan kelas literasi menulis dipandu jurnalis senior. 

Acara tersebut tak terlepas dari momen memperingati Hari Guru Nasional 2022

Para guru terpilih dan anggota KGSB mengikuti pelatihan bertajuk Kelas Penulisan KGSB Batch 1 secara during, Sabtu (26/11/2022) hingga Kamis (10/12/2022). 

Dengan mengangkat isu Kurikulum Merdeka terdapat enam kemampuan literasi dasar yang harus dikuasai oleh siswa dan menjadi tuntutan kompetensi. Enam literasi dasar tersebut adalah Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, serta Literasi Budaya dan Kewargaan. 

Baca juga: KGSB Ajak Guru Bangun Personal Branding, Capai Tujuan Image yang Baik dan Citra Positif

Dalam rilis yang diterima Tribunnewssultra.com, hal ini mendorong terselenggaranya Kelas Penulisan KGSB Batch 1 sebagai apresiasi kepada para Guru anggota KGSB.

Kelas Penulisan KGSB Batch 1 menghadirkan Titik Kartitiani sebagai fasilitator profesional yang berpengalaman kurang lebih 20 tahun di dunia penulisan. 

Titik adalah seorang jurnalis senior, pembicara aktif dalam kegiatan penulisan, serta penulis dengan berbagai penghargaan nasional. 

Pada kesempatan ini, Titik membimbing para anggota KGSB untuk membuat tulisan berbentuk opini dan esai populer bertemakan ‘Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Mewujudkan Merdeka Belajar’.

Dalam sesi pembekalannya, Titik menekankan pentingnya membaca untuk membuat tulisan yang baik. “Memperkaya referensi bacaan adalah kunci dalam menulis. Semakin banyak ragam bacaan yang kita baca, semakin banyak diksi yang dapat kita serap. Kekayaan diksi ini yang akan membuat proses penulisan menjadi lebih mudah dan mampu memunculkan ide-ide kreatif”, papar Titik. 

Salah satu anggota KGSB yang terpilih untuk mengikuti Kelas Penulisan KGSB Batch 1 ini yaitu Guru Bahasa Inggris SMKN 2 Bangkalan, Finalia Meiriana merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini.

 "Alhamdulillah Kelas Penulisan KGSB Batch 1 ini banyak memberikan ilmu baru di dunia penulisan. Walaupun masih tahap awal atau pembekalan, peserta sudah diminta membuat tulisan spontan dengan waktu terbatas. Ini memaksa kita mau tidak mau harus bisa menulis. Penyampaian materi oleh fasilitator sangat menarik karena setiap teori dilanjutkan dengan praktik", ungkap Finalia. 

Baca juga: KGSB Ajak Guru Bangun Personal Branding, Capai Tujuan Image yang Baik dan Citra Positif

Proses Pembelajaran Para Guru

Sebelumnya, rangkaian kelas penulisan ini dimulai dengan pendaftaran yang mewajibkan calon peserta untuk mengirimkan tulisan opini bertemakan Merdeka Belajar.

Selanjutnya peserta terpilih mengikuti pertemuan pertama untuk pembekalan penulisan esai secara during pada Sabtu, 26 November 2022. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved