Berita Kendari

Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan di Kendari Sulawesi Tenggara Hari ini Mulai Pukul 17.35 Wita

Peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT) bisa disaksikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/11/2022) hari ini mulai pukul 17.35 wita.

Penulis: Sitti Nurmalasari | Editor: Aqsa
Facebook Stasiun Geofisika Kendari
Peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT) bisa disaksikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/11/2022) hari ini mulai pukul 17.35 wita. Peristiwa gerhana bulan adalah fenomena alam saat cahaya matahari tidak semuanya sampai ke bulan akibat terhalang oleh bumi. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT) bisa disaksikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/11/2022) hari ini mulai pukul 17.35 wita.

Peristiwa gerhana bulan adalah fenomena alam saat cahaya matahari tidak semuanya sampai ke bulan akibat terhalang oleh bumi.

Hal tersebut menyebabkan bulan terlihat berwarna merah saat puncak Gerhana Bulan Total atau dikenal dengan istilah Blood Moon.

Hari ini, fenomena alam saat keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi tersebut kembali akan terjadi.

Peristiwa Gerhana Bulan Total tersebut juga bisa disaksikan di Kota Kendari dan seluruh wilayah di Provinsi Sultra.

Fenomena alam tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang mulai pukul 17.35 wita petang ini hingga pukul 22.00 wita malam ini.

Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Kendari melalui Stasiun Geofisika Kendari.

Baca juga: Simak Rekomendasi BMKG Terkait Cara Melihat Gerhana Bulan Total Rabu, 26 Mei 2021

“Kami informasikan bahwa Gerhana Bulan Total (GBT) yang terjadi tanggal 8 November 2022 dapat disaksikan di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara,” tulisnya.

Informasi tersebut dikutip TribunnewsSultra.com dari halaman Facebook @Stasiun Geofisika Kendari, pada Selasa (8/11/2022), yang menyertakan meme Pengamatan GBT tersebut.

Disebutkan, Stasiun Geofisika Kendari juga akan melakukan pengamatan Gerhana Bulan Total pada 8 November 2022 tersebut mulai pukul 17.35-22.00 wita.

Untuk lokasi pengamatannya di Kelurahan Purirano, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Persiapan peralatan mulai pukul 17.00 Wita, terima kasih,” tulis pengumuman tersebut.

Dalam pengumumannya, Stasiun Geofisika Kendari menyebutkan Gerhana Bulan Total diprediksi dapat diamati diseluruh Kota Kendari, Provinsi Sultra.

“Dapat diamati dengan mata telanjang saat cuaca cerah,” tulis meme unggahan halaman Facebook @Stasiun Geofisika Kendari.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved