Berita Kendari

Pemkot Kembangkan Lokasi Wisata Baru di Kendari, Ada Area Camping Hingga Tracking Sepeda

Lokasi wisata baru di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bakal dikembangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Diskominfo Kota Kendari
Pj Wali Kota Kendarj Asmawa Tosepu, bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Kendari, Asisten I, Asisten II Setda Kota Kendari, mengecek langsung lokasi kampung wisata di Kelurahan Tipulu tersebut pada Kamis (3/11/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal mengembangkan lokasi wisata baru di Kota Kendari Sulawesi Tenggara atau Sultra.

Lokasi tersebut diantaranya Kelurahan Tipulu, Kecamatan Kendari Barat yang akan menjadi wisata camping dan sebagai track perlombaan sepeda gunung.

Kemudian Kelurahan Mata, Kecamatan Kendari yang akan dijadikan sebagai kampung sayur.

Untuk mengembangkan lokasi tersebut Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Kendari, Asisten I, Asisten II Setda Kota Kendari, mengecek langsung lokasi kampung wisata di Kelurahan Tipulu tersebut pada Kamis (3/11/2022).

Asmawa Tosepu mengatakan kampung wisata merupakan salah satu penunjang pertumbuhan dan perputaran ekonomi. Sehingga menjadi penting untuk dikembangkan.

Baca juga: 2 Desa Wisata di Sulawesi Tenggara Juara ADWI 2022, Dispar Sebut Jadi Dorongan Kembangkan Destinasi

Diharapakan bisa meningkatkan kesejehteraan rakyat dan masyarakat yang ada di kampung wisata ini.

Selain itu, sektor pariwisata di Kota Kendari juga diharapkan dapat mendukung pembangunan kota.

"Kita lihat inisiatif membangun kampung wisata ini, maka dengan upaya kita bersama untuk mengintegrasikan, kita bisa menyatukan antara atraksi pariwisata budaya serta mengakomodasi tempat-tempat di Kelurahn Tipulu ini,” ujar Asmawa.

Kadis Pariwisata Kota Kendari Fauziyah menjelaskan sebelum mengembangkan destinasi wisata, pihaknya harus mengecek terlebih dahulu lokasi yang dimaksud.

Untuk wisata lokasi di area Tipulu memang memiliki potensi untuk dikembangkan, utamanya sebagai wisata camping dan track perlombaan sepeda gunung.

Sementara wisata kampung sayur di Kelurahan Mata, kata dia, permodalan menjadi kendala untuk pengembangan wisata tersebut.

"Untuk di Kelurahan Mata ini ada penyampaian dari pak lurah terkendala di modal untuk membeli alat hidroponik,” jelasnya.

Untuk itu, melalui kunjungan tersebut diharapkan permasalahan yang dialami di setiap lokasi wisata dapat terselesaikan bersama.

Fauziyah juga sangat berharap dengan mengelola destinasi wisata, masyarakat yang ada di kampung wisata di Kota Kendari bisa sejahtera. (*)

(TribunnewsSultra.com/Amelda Devi Indriyani)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved