Berita Kendari

Wakapolda Sultra Ingatkan Tak Asal Pinjamkan Kendaraan ke Orang Lain Cegah Kena Tilang Elektronik

Kini di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi berlaku tilang elektronik dengan sistem Elektronik Traffic Law Enforcement atau ETLE.

Penulis: Fadli Aksar | Editor: Sitti Nurmalasari
Istimewa
Kini di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi berlaku tilang elektronik dengan sistem Elektronik Traffic Law Enforcement atau ETLE. ETLE diberlakukan di Kota Kendari setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaunching secara resmi tilang elektronik, pada Kamis (22/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Kini di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi berlaku tilang elektronik dengan sistem Elektronik Traffic Law Enforcement atau ETLE.

ETLE diberlakukan di Kota Kendari setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melaunching secara resmi tilang elektronik, pada Kamis (22/9/2022).

Launching ETLE Tahap 3 dilakukan langsung dari Korlantas Mabes Polri Jakarta, dan diikuti secara virtual melalui video converence delapan wilayah termasuk Kendari.

Kedelapan wilayah resmi menerapkan tilang elektronik yakni Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Barat (Sulbar), Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Launching ETLE di Kota Kendari, diikuti Wakil Kepala Kepolisian Daerah atau Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Waris Agono, Kapolresta Kendari, Kombes Pol M Eka Fathurrahman.

Baca juga: Tilang Elektronik atau ETLE Resmi Berlaku di Kendari Sulawesi Tenggara Mulai Kamis 22 September 2022

Selanjutnya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra, Rahmanto Sujudi, Kasatlantas Polresta Kendari, AKP Rudika Harto Kanajiri.

Launching ETLE digelar di Aula Waspada, Polresta Kendari, Jl DI Pandjaitan, Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wuawua, Kota Kendari.

Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Waris Agono mengatakan, Kota Kendari sudah berlaku ETLE sejak 1 September 2022.

"Kita berlakukan secara smooth, supaya masyarakat tidak terkaget-kaget dari kebijakan ini, karena ini era digitalisasi," katanya di Mapolresta Kendari.

Menurut dia, pihaknya selalu menerima protes dari masyarakat tentang penerapan tilang elektronik tersebut.

Baca juga: 10 Jenis Pelanggaran hingga Daftar 16 Lokasi Pemasangan Kamera Tilang Elektronik di Kendari

Lantaran, saat pelanggaran dilakukan pengemudi yang meminjam kendaraan, tetapi penerima sanksi tilang adalah pemilik kendaraan.

Sehingga, kata Brigjen Pol Waris Agono, hal ini perlu diantisipasi dengan tidak sembarangan meminjamkan kendaraan ke orang lain.

"Apabila ingin meminjamkan kendaraannya, harus dipastikan orang yang meminjam itu punya SIM, kemampuan mengemudi dan mengerti aturan lalu lintas," tegasnya.

Di samping itu, Wakapolda Sultra ini memastikan seluruh sarana dan prasarana telah siap untuk penerapan ETLE di Kendari. (*)

(TribunnewsSultra.com/Fadli Aksar)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved