Berita Sulawesi Tenggara

Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan di Konut Diajak Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Konawe Utara kembali menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilu 2024.

Istimewa
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Konawe Utara (Konut) kembali menggelar Rapat Koordinasi dan sosialisasi pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024. Sosialisasi yang menyasar seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Konawe Utara ini digelar di Aula Hotel Oheo, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONUT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Konawe Utara (Konut) kembali menggelar Rapat Koordinasi dan sosialisasi pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024.

Kegiatan dibuka langsung Bupati, Ruksamin, turut dihadiri Wakil Bupati, Abuhaera, Perwakilan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Munsir Salam, Ketua Bawaslu Konut, Burhan, dan Staf Bawaslu.

Sosialisasi yang menyasar seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Konawe Utara ini digelar di Aula Hotel Oheo, Jumat (16/9/2022).

Ketua Bawaslu Konawe Utara, Burhan mengatakan rapat koordinasi dan sosialisasi pengawasan partisipatif tersebut dilaksanakan mengingat pengawasan partisipatif di Konawe Utara masih rendah.

Sementara kata Burhan, partisipasi pemilih di Konut berada pada posisi nomor satu se-Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Bawaslu Konawe Buka Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran

"Kita berharap dengan jumlah partisipasi pemilih yang meningkat, partisipasi pengawas juga bisa meningkat di Pemilu 2024," ucap Burhan saat memberikan sambutannya.

Burhan berharap dengan sosialisasi tersebut bisa meningkatkan pengawasan partisipatif di Konut, Sultra.

Sementara Bupati Konawe Utara Ruksamin, mengatakan untuk mengukur kualitas pimpinan terpilih dalam Pemilu harus meningkatkan kualitas demokrasinya.

Mantan Ketua DPRD Konut tersebut menjelaskan, Konut sendiri belum diketahui terkait ukuran kualitas demokrasinya.

"Tetapi kita patut berbangga rilisan KPU Sultra menunjukkan Konut berada di nomor urut satu partisipasi Pilkada yang lalu," tegas Ruksamin menambahkan.

Baca juga: Nama Warga hingga PNS di Konawe Sultra Dicatut Jadi Pengurus Partai Politik, Cek Lewat Info Pemilu

Orang nomor satu di Bumi Oheo tersebut mengaku telah menyampaikan di Kesbangpol Konut agar mendata jumlah Ormas dan OKP se-Konut agar dibuatkan wadah untuk pendidikan politik.

Kata dia, Pemda Konut akan terus terdepan menjalin kerja sama dengan Bawaslu untuk mendata OKP dan Ormas dan memberikan pendidikan politik.

"Karena terjadinya kesalahan dalam pemilihan bukan perkara lain, tetapi tidak pahamnya masyarakat terhadap aturan-aturan yang ada," ujarnya.

"Ketika mereka tahu aturannya, akan lebih banyak pengawas partisipatif di Pemilu yang akan datang," pungkasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Bima Saputra Lotunani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved