Berita Kendari

Universitas Muhammadiyah Kendari Akan Launching UMK Metaverse, Bantu Mahasiswa Saat Praktik Lapangan

Universitas Muhammadiyah Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera launching UMK Metaverse.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari, Amir Mahmud mengatakan UMK Metaverse ini bakal mempermudah mahasiswa dalam pembelajaran yang tidak dapat dijangkau saat praktik lapangan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Universitas Muhammadiyah Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera launching UMK Metaverse.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari, Amir Mahmud mengatakan UMK Metaverse ini bakal mempermudah mahasiswa dalam pembelajaran yang tidak dapat dijangkau saat praktik lapangan.

"Jadi pembelajaran dalam kelas sebelum mahasiswa akan turun lapangan atau praktik lapangan sudah dilihat di UMK Metaverse," katanya pada Senin (13/9/2022).

Amri Mahmud menerangkan, alat ini nantinya bakal banyak mempermudah mahasiswa program studi (prodi) Teknik Pertambangan.

"Fokus utama kami di prodi Teknik Pertambangan. Jadi kalau Teknik Pertambangan alat laboratoriumnya itu sangat mahal, tapi dengan UMK Metaverse satu alat kita dapat melihat semuanya," ucapnya.

Baca juga: BEM UHO, UMK, IAIN dan Unsultra Minta Pemerataan Pendidikan di Indonesia pada Momen Hardiknas 2022

"Misalnya tambang batu bara kan tidak ada di Sultra harus ke Kalimantan. Nah dengan UMK Metaverse ini mahasiswa tidak perlu ke Kalimantan, cukup di Kendari di ruang kelas sudah bisa," sambungnya.

Kata dia, kini alat tersebut telah tersedia di kampus, tetapi untuk peluncurannya dalam waktu dekat bakal diumumkan.

Amir Mahmud menerangkan peluncuran UMK Metaverse ini sejalan dengan mewujudkan program Universitas Muhammadiyah Kendari sebagai kampus media digital dan aplikasi kampus.

"Iya jadi kalau dipresentasikan sudah mencakup 30-40 persen. Sistem informasi sudah terbangun dengan baik, misalnya CCTV dan kelengkapan lainnya sudah tepat terpasang," terangnya.

Ia pun berharap, agar program ini segera terwujud 100 persen serta dapat dirasakan hingga mencakup semua mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved