Berita Kampus

Tim PKM UMI Kolaborasi dengan Dosen, Terapkan TTG Sistem Informasi Digital untuk Sekolah

Tim PKM Mahasiswa berkolaborasi dengan dosen UMI untuk menerapkan teknologi Tepat Guna Sistem Informasi Digital sebagai media penilaian dan komunikasi

Istimewa
Tim PKM Mahasiswa berkolaborasi dengan dosen UMI untuk menerapkan teknologi Tepat Guna Sistem Informasi Digital sebagai media penilaian dan komunikasi pada SD Inpress Cambaya IV Kota Makassar, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM- Tim PKM Mahasiswa berkolaborasi dengan dosen UMI untuk menerapkan Teknologi Tepat Guna (TTG) Sistem Informasi Digital sebagai media penilaian dan komunikasi pada SD Inpress Cambaya IV Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  

Tim Program Kreativitas Mahasiswa skema Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Universitas Muslim Indonesia yang terdiri dari Nirmala sebagai ketua tim, Nurul Ilmy Husain, Astrit Puspita Udar sebagai anggota tim yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM), dan Inggit Gustiar sebagai anggota tim yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra UMI.

Kegiatan PKM ini berkolaborasi dengan sejumlah dosen seperti, Dosen Program Studi Sistem Informasi Ir St Hajrah Mansyur, SKom,MCs, MTA, dan Dosen Program Studi Teknik Informatika, FIKOM UMI, Ir Nia Kurniati, SKom, MKom, MTA.

Sebagai salah satu sekolah yang dijadikan lokasi pendampingan dan evaluasi, Kepala Sekolah SD Inpress Cambaya IV Kota Makassar, Ratnawati Latif SPd mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Tentunya kami diberikan pemahaman tentang penerapan teknologi tepat guna (TTG) dalam pengolahan nilai siswa, sistem informasi dan ruang komunikasi yang bermanfaat bagi guru, siswa. Selain itu, orangtua siswa merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini untuk dapat berkomunikasi aktif dengan pihak sekolah di masa pandemi, dan dapat melihat penilaian dan perkembangan aktifitas anak di sekolah,” tuturnya dikutip dalam rilis yang diterima Tribunnewssultra.com, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Aksi Blokade Jalan dan Demo Akibatkan Kemacetan di Pertigaan Kampus UHO Kendari Sulawesi Tenggara

Baca juga: Tim PKM UMI Buat Aplikasi ecobrickschool.app, Media Edukasi Digital Sekolah Berbasis Mobile

Kegiatan yang telah dilaksanakan Agustus 2022 lalu ini, diselenggarakan dengan rangkaian aktivitas.

Mulai dari pendampingan dan evaluasi tingkat pemahaman mitra dalam penggunaan aplikasi sistem informasi digital berbasis website.

Hingga pada akhir kegiatan, tim pelaksana melakukan evaluasi tingkat pemahaman mitra dengan membagikan kuesioner tentang penggunaan aplikasi sistem informasi digital.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai pada tanggal 6 sampai 18 Agustus 2022 yang melibatkan 8 orang Guru, 13 Siswa kelas 5 serta 5 Orangtua/wali siswa pada SD Inpres Cambaya IV Kota Makassar.

Berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilakukan, tim PKM berharap aplikasi sistem informasi digital dapat diterapkan di tingkat sekolah dasar khusunya yang ada di Kota Makassar sebagai sarana pendukung pendidikan dan peningkatan layanan pendidikan.

Baca juga: IAIN Kendari Segera Miliki Rusunawa, Ridwan Bae Minta Pihak Kampus Tepat Mendata Nama-Nama Penghuni

Pengembangan aplikasi akan tetap dilakukan oleh tim sebagai upaya untuk mendorong pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan dalam era Sustainable Development Goals (SDGs) dalam peningkatan sistem layanan sekolah.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, riset dan Teknologi pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik (Kemendikbudristek RI) yang memandu mahasiswa untuk menjadi kreatif, inovatif, dan objek kooperatif dalam membangun keragaman intelektual dan membantu masyarakat sasaran (mitra). (*)

 

 

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved