Berita Sulawesi Tenggara

Hasto Kristiyanto Sebut Mahasiswa di Kendari Sultra Harus Punya Imajinasi Jadi Pemimpin Bangsa

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut mahasiswa harus punya imajinasi jadi pemimpin bangsa.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP), Hasto Kristiyanto menyebut mahasiswa harus punya imajinasi jadi pemimpin bangsa. Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara dalam kuliah umum yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, pada Selasa (6/9/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP), Hasto Kristiyanto menyebut mahasiswa harus punya imajinasi jadi pemimpin bangsa.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara dalam kuliah umum yang berlangsung di Gedung Rektorat Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari, pada Selasa (6/9/2022).

"Karena itulah tujuan Indonesia lahir. Itu yang kami kobarkan di kalangan mahasiswa agar para mereka punya suatu daya imajinasi untuk kepemimpinan bangsa Indonesia," katanya.

Kata dia, mahasiswa dapat memperolehnya di kampus sebagai pusat kemajuan dan sebagai penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, riset dan inovasi.

"Itu bisa membangun kepemimpinan dunia. Ilmu pertahanan ini ilmu bagaimana kita sebagai bangsa bisa survive tapi dengan survive tidak cukup. Kita punya tanggung jawab persaudaraan dunia," ujarnya.

Baca juga: Cara Mahasiswa KKN Tematik UHO Promosikan Dermaga Pelangi dan Air Terjun Soropia, Intip Keindahannya

"Jadi cara pandang pertahanan dalam geopolitik itu apabila seluruh instrumen pemikiran global Ir Soekarno menjadi power," tambahnya.

Kata dia, yang salah terhadap kalangan pemuda dan mahasiswa saat ini ialah pemikirannya yang tidak menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa power dunia.

"Kita menjadi negara penghasil CPO terbesar di dunia, tapi kita tidak menjadikan itu sebagai power. Jadi bela negara kita mendukung dari kalangan mahasiswa karena itu membangun patriotisme," tuturnya.

Sementara itu, Rektor UHO Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun menuturkan dengan kuliah umum ini mahasiswa UHO dapat membuka wawasan tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Ilmu dan teknologi ternyata memegang peranan penting di dalam kita memajukan pembangunan nasional," ungkapnya.

Baca juga: UHO Kendari Hadirkan e-Library, Aplikasi Perpustakaan Berbasis Teknologi Upaya Kampus Go Digital

"Bisa membuka wawasan mahasiswa. Untuk menguasai dunia maka kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi mahasiswa harus membaca dan memahami ilmu pengetahuan dan teknologi," tambahnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved