UHO Kendari

UHO Kendari Hadirkan e-Library, Aplikasi Perpustakaan Berbasis Teknologi Upaya Kampus Go Digital

Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari bakal menghadirkan aplikasi perpustakaan berbasis teknologi yang dinamai e-Library.

Penulis: Husni Husein | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Husni Husein
Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan aplikasi ini nantinya dapat diunduh melalui Play Store dan digunakan dalam perangkat handphone Android. Hal itu disampaikan orang nomor satu di UHO ini, saat ditemui usai menghadiri workshop pengelolaan digital dan launching e-LIB UHO di Same Hotel Kendari, pada Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Universitas Halu Oleo atau UHO Kendari bakal menghadirkan aplikasi perpustakaan berbasis teknologi yang dinamai e-Library.

Rektor UHO, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu mengatakan aplikasi ini nantinya dapat diunduh melalui Play Store dan digunakan dalam perangkat handphone Android.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di UHO ini, saat ditemui usai menghadiri workshop pengelolaan digital dan launching e-LIB UHO di Same Hotel Kendari, pada Rabu (31/8/2022).

"Ini bentuk kita mendorong kemajuan perpustakaan UHO berbasis teknologi yang nantinya bisa lebih memudahkan para pustakawan, baik dosen maupun mahasiswa," kata Rektor UHO Kendari.

Ia menjelaskan e-Library ini masih dalam proses pengembangan agar sesuai dengan kebutuhan para pengguna yang rerata ialah mahasiswa.

Baca juga: Dikmudora Kendari Resmikan e-Library SD dan SMP, Sulkarnain Kadir Harap Semua Siswa Bisa Akses Buku

Untuk itu, Prof Muhammad Zamrun menerangkan kini penggenjotan melalui pelatihan yang dikhususkan kepada admin pun dilakukan.

"Saat ini, kampus sedang melakukan pelatihan kepada admin terlebih dahulu untuk menyiapkan layanan di dalam aplikasi tersebut agar dapat diakses oleh para pustakawan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan UHO, Muhammad Alim Marhadi mengungkapkan sebanyak 72 ribuan judul dan jenis buku telah siap dimasukkan dalam pencarian aplikasi e-Library.

"Jadi nanti kalau para pustakawan mau cek buku bisa lewat aplikasi ini dulu. Tinggal buka saja aplikasi ini, baru cek buku judul apa, nanti langsung akan terbaca otomatis," jelasnya.

Ia menambahkan ditargetkan aplikasi ini rampung dan resmi digunakan oleh pustakawan yakni dalam kurun waktu satu bulan.

Baca juga: Aplikasi E-Sultra Terobosan Baru Dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tenggara

"Untuk pencatatan nama buku di dalam aplikasi itu kita fokuskan terlebih dahulu dan kita target satu bulan sudah rampung," terangnya.

"Kalau peminjaman buku itu akan menjadi pertimbangan ke depan, pokoknya kita fokus satu bulan ini rampung dapat digunakan," tambahnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Husni Husein)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved