Berita Sulawesi Tenggara

Bupati Konawe Utara Ruksamin Terpilih Sebagai Ketua KAHMI Sultra Periode 2022-2027

Ruksamin terpilih sebagai ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam atau KAHMI Sulawesi Tenggara. melalui hasil Musyawah Wilayah atau Muswil ke VI.

Penulis: Laode Ari | Editor: Muhammad Israjab
Laode Ari
Bupati Konawe Utara, Ruksamin terpilih sebagai Ketua Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Sulawesi Tenggara periode 2022-2027. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KENDARI - Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin terpilih sebagai ketua Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam atau KAHMI Sulawesi Tenggara.

Ruksamin terpilih melalui hasil Musyawah Wilayah atau Muswil ke VI KAHMI Sultra yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin (05/9/2022).

Presidium sidang Muswil KAHMI Sultra, Muhammad Endang SA, mengatakan terpilihnya Ruksamin berdasarkan hasil musyawah yang diikuti majelis daerah (MD) KAHMI se Sulawesi Tenggara.

"Jadi terpilih Ruksamin sebagai koordinator dari hasil musyawarah 13 presidium yang diusulkan majelis daerah," kata Endang saat konfrensi pers seusai Muswil.

Baca juga: Bupati Konawe Utara Ruksamin ‘Dielus’ Pimpin KAHMI Sultra pada Muswil di Kendari Sulawesi Tenggara

Ke-13 kader yang ditetapkan sebagai presidium Majelis Wilayah KAHMI Sultra periode 2022-2027 yaitu Dr. Ruksamin (Koordinator), Muh. Endang,  Zahrir Baitul, Dr. Nur Arafah, Dr. Nur Alim, Dr. Ld Bariun.

Kemudian, Dr. Abu Hasan, Abdul Rahman Saleh, Abdul Rasyid Syawal, Dr. Ardin, Ayunda Hadi Mahmud, Mastri Susilo dan Andre Darmawan.

Endang menuturkan, dalam muswil tersebut ada beberapa rekomendasi yang disepakati bersama untuk KAHMI Sultra baik secara internal maupun ekternal.

Untuk internal yang sepakati selain penguatan dan perombakan organisasi, juga merekomendasikan untuk verifikasi data alumni HMI se provinsi Sulawesi Tenggara

"Jadi kami akan memverifikasi alumni HMI untuk kita perbaiki data keanggotaan, termasuk yang baru dipilih di tingkat Majelis Daerah maupun wilayah," ujar Endang.

Sementara, untuk eksternal, rekomendasi yang disepakati memberikan pertimbang pemerintah atas kebijakan menaikan harga BBM.

Baca juga: Pemprov Sultra Masih Hitung-hitungan Dana Subsidi Operasional Penerbangan Wings Air Rute Wakatobi

"Kita merekomendasikan pemerintah untuk meninjau ulang maupun mempersipkan penyesuaian kenaikan harga BBM supaya tidak terlalu merugikan rakyat,"  jelas ketua DPD Demokrat Sultra ini.

Menurut Endang menjelaskan, hasil musyawarah dengan memilih Ruksamin sebagai ketua KAHMI merupakan keputusan yang sah berdasarkan anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART).

Karena proses pemelihan hingga penetapan presidium Majelis Wilayah KAHMI Sultra sesuai tahapan atau mekanisme sidang musyawarah wilayah.

Mulai dari sidang musyawarah dibuka dan dilanjutkan oleh koordinator sterring dan anggota yang aktif sejak dimulainya muswil termasuk membuka serta mengskorsing sidang.

"Kemudian ada laporan pertanggungjawaban Majelis willayah periode sebelumya, ada penyataan demisioner kepengurusan lama," ujar Endang.

Selain itu, sidang komisi juga diikuti oleh pengurus daerah yang mendapatkan mandat secara tertulis. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Ari)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved