Perang Rusia Ukraina

Rangkuman Hari Ke-191 Invasi: Menhan Rusia Tuduh Ukraina 'Terorisme Nuklir'

Simak rangkuman hari ke-191 invasi Rusia ke Ukraina pada Jumat (2/9/2022). Integritas fisik pabrik Zaporizhzhia telah dilanggar

Editor: Ifa Nabila
Layanan Darurat Negara Ukraina/Reuters via The Guardian
Seorang pekerja penyelamat berjalan di antara puing-puing di daerah perumahan yang dihancurkan oleh serangan militer Rusia di Kota Toretsk, Donetsk, Ukraina pada Rabu, 27 Juli 2022. Simak rangkuman hari ke-191 invasi Rusia ke Ukraina pada Jumat (2/9/2022). Integritas fisik pabrik Zaporizhzhia telah dilanggar 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM - Simak rangkuman hari ke-191 invasi Rusia ke Ukraina pada Jumat (2/9/2022).

Update terbaru di antaranya soal tuduhan Rusia kepada Ukraina atas tindakan terorisme nuklir.

Berikut rangkuman terkini dikutip dari Guardian:

Baca juga: Misteri Kematian Bos Minyak Rusia, Suka Kritik Vladimir Putin, Ditemukan Jatuh dari Lantai 6

- Sebuah tim ahli dari badan nuklir PBB berencana tinggal di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia setelah mendapatkan akses yang telah lama ditunggu-tunggu pada Kamis (1/9/2022).

- Integritas fisik pabrik Zaporizhzhia telah dilanggar pada beberapa kesempatan, kata kepala IAEA Rafael Grossi.

- Duta Besar Rusia untuk lembaga internasional di Wina mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti pada hari Jumat (2/9/2022) bahwa dua inspektur akan tetap secara permanen di pabrik.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-190 Perang: 3 Taman Kanak-kanak Ukraina Diserang Rusia, Putin Kunjungi Kaliningrad

- Pejabat Ukraina menuduh Rusia memanipulasi dan mendistorsi informasi yang dibagikan dengan IAEA. Operator milik negara Ukraina Energoatom menegaskan hal ini.

- Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menuduh Ukraina pada hari Jumat sebagai "terorisme nuklir". - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada hari Jumat, menyebut bahwa dirinya melakukan segalanya untuk memastikan bahwa IAEA akan mendapatkan akses ke PLTN.

- Kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR) yang memproklamirkan diri, Denis Pushilin, telah menyatakan kembali tujuan militer ekspansionis dari invasi Rusia.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-189: Inspektur Nuklir Tiba di PLTN Zaporizhzhia

- Staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan dalam pengarahan operasi hariannya bahwa tujuan militer utama Rusia saat ini terus “membangun kontrol penuh atas wilayah wilayah Donetsk dan mempertahankan wilayah pendudukan Kharkiv, Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, Kherson, dan Mykolaiv.”

- Menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov memperingatkan Moldova pada hari Kamis bahwa setiap tindakan yang dianggap membahayakan keamanan pasukan Rusia di wilayah Transnistria yang memisahkan diri akan dianggap sebagai serangan terhadap Rusia.

- Rusia dan China meluncurkan latihan militer skala besar yang melibatkan beberapa negara sekutu pada hari Kamis, dalam menunjukkan kerjasama pertahanan yang berkembang antara Moskwa dan Beijing dan demonstrasi kekuatan militer Rusia.

- Agen federal AS menggeledah properti yang terkait dengan miliarder oligarki Rusia di Manhattan, Hamptons dan sebuah pulau eksklusif di Miami pada hari Kamis. Properti terkait dengan Viktor Vekselberg, yang merupakan sekutu dekat presiden Rusia, Vladimir Putin, dan kapal pesiar senilai 120 juta dolar disita pada April.

- Badan intelijen domestik Jerman sedang menyelidiki tuduhan bahwa dua pegawai negeri senior mungkin telah menjadi mata-mata untuk Rusia.

(Kompas.com/Tito Hilmawan Reditya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rangkuman Hari ke-191 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Tuduh Rusia Manipulasi PLTN Zaporizhzhia, Rusia Peringatkan Moldova"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved