Kenaikan BBM 2022

Jokowi Perintahkan Kepala Daerah di Indonesia Siapkan BLT Subsidi BBM Untuk Ojol & Nelayan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepala daera gunakan dana transfer umum BLT subsidi BBM untuk ojol dan nelayan di seluruh Indonesia.

kolase foto (handover)
Harga Pertalite terbaru hari ini, update kabar kenaikan banderol BBM subsidi, hingga pernyataan terkini Presiden Jokowi pada Selasa (23/08/2022). Informasi harga Pertalite naik tersebut sebelumnya beredar luas dalam sepekan terakhir ini. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para kepala daerah di seluruh Indonesia untuk bersiap memberikan Bantuan Langsung Tunia (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM)  untuk para pekerja di bidang transportasi.

Dimaksud pekerja bidang transportasi yaitu ojek online dan para nelayan yang sehari-hari beraktifitas menggunakan kendaraan bermotor didukung BBM Pertalite ataupun Solar.

Sumber dana bantuan tersebut berasal dari 2 persen dana transfer umum sebesar RP 2,17 Triliun.

Bantuan ini tak terlepas dari naiknya harga BBM yang sudah mulai berlaku per Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB.

"Saya juga telah memerintahkan kepada pemerintah daerah untuk menggunakan 2 persen dana transfer umum sebesar Rp 2,17 triliun untuk bantuan angkutan umum bantuan ojek online dan untuk nelayan," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: BBM Orang Kaya Turun, Subsidi Malah Naik, Ini Penjelasan Pertamina

Pemerintah Indonesia diungkapkan Jokowi, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp9,6 triliun yang akan diberikan kepada 16 juta pekerja.

"Pemerintah juga menyiapkan anggaran sebesar Rp9,6 Triliun untuk 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan dalam bentuk bantuan subsidi upah yang diberikan sebesar Rp600.000," kata Jokowi.

Selain para pekerja, pemerintah juga menyiapkan Rp12,4 triliun untuk para warga kurang mampu yang diberikan selama 4 bulan.

"Diberikan kepada 20,65 juta keluarga yang kurang mampu sebesar Rp150.000 per bulan," kata Jokowi.

"Pemerintah berkomitmen agar penggunaan subsidi yang merupakan uang rakyat harus tepat sasaran. Subsidi harus lebih menguntungkan masyarakat yang kurang mampu," pungkasnya.

Baca juga: Harga Pertalite, Solar dan Pertamax Resmi Dinaikkan Pemerintah, Berlaku Mulai 3 September 2022

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved