Berita Baubau

DP3A dan Bapas Kota Baubau Buka Pelayanan Konseling, Konsultasi Psikologi dan Hukum Gratis

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kolaborasi Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tribunnewssultra.com/La Ode Muh Abiddin
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kolaborasi Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kedua lembaga ini menyelenggarakan program pelayanan konseling, konsultasi psikologi dan hukum gratis bagi masyarakat umum dan klien pemasyarakatan di Lippo Plaza Buton, Rabu (31/8/2022). 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) kolaborasi Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kolaborasi tersebut untuk menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Baubau, Provinsi Sultra.

Kedua lembaga ini menyelenggarakan program pelayanan konseling, konsultasi psikologi dan hukum gratis bagi masyarakat umum dan klien pemasyarakatan di Lippo Plaza Buton, Rabu (31/8/2022).

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, konsultasi psikologi merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah atau gangguan mental.

Namun, tak sedikit orang yang merasa malu dan menganggap konsultasi dengan psikolog hanya untuk orang dengan gangguan jiwa.

Baca juga: Masyarakat Wadiabero Minta Pelaku Pembunuhan Pasutri di Baubau Sultra Diberikan Hukuman Maksimal

"Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan kesehatan mental beragam spektrumnya, mulai dari ringan, sedang hingga berat," ujarnya.

Ia menyebutkan, isu kesehatan mental saat ini menjadi isu yang sangat sentral, penting untuk dibahas di ruang-ruang diskusi secara terbuka karena ini bukan hal yang tabu untuk dibicarakan.

Berbicara dan berkonsultasi dengan orang yang tepat itu penting. Saat ini, konsultasi psikologi menjadi kebutuhan yang sama pentingnya dengan memeriksakan diri ke dokter.

Pelayanan-pelayanan teknis harus terus menerus dikuatkan dan didukung agar upaya pencegahan dan penanganan perempuan dan anak korban kekerasan dapat optimal, efektif, dan efisien.

"Kegiatan kita pada hari ini, yakni kolaborasi konsultasi dan konseling psikologi serta hukum bagi masyarakat umum dan klien pemasyarakatan Kota Baubau," terangnya.

Baca juga: La Ode Ahmad Monianse Resmi Jadi Ketua Umum Majelis Daerah KAHMI Kota Baubau Periode 2022-2027

Ia menyatakan, Bapas dan DP3A Kota Baubau memberikan pelayanan gratis pada kegiatan pelayanan konseling, konsultasi psikologi dan hukum gratis bagi masyarakat umum dan klien permasyarakatan.

La Ode Ahmad Monianse berharap, kegiatan ini semua pihak dapat memberikan peran untuk dapat menurunkan angka kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Saya juga berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah strategis dalam upaya percepatan transformasi kinerja pemerintah Kota Baubau, khususnya kepada dinas-dinas terkait," jelasnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved