Berita Konawe

Upaya Dorong Kelangsungan Program Kartu Sehat Konawe, DPRD Siap Anggarkan Tahun 2023

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong kelangsungan program Kartu Sehat Konawe.

Penulis: Arman Tosepu | Editor: Sitti Nurmalasari
TribunnewsSultra.com/ Arman Tosepu
Wakil Ketua II DPRD Konawe, Rusdianto. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, KONAWE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong kelangsungan program Kartu Sehat Konawe.

Wakil Ketua II DPRD Konawe, Rusdianto mengatakan, pihaknya mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus menjalankan program tersebut.

Pasalnya, kata dia, ada beberapa warga yang kurang mampu sebagai pemegang Kartu Sehat tersebut, tetapi tidak bisa digunakan.

"Pemerintah Daerah dalam mensupport rumah sakit untuk penanggulangan pasien kurang mampu sangat terbatas," kata Rusdianto, Selasa (30/8/2022).

Menurutnya, pasien kurang mampu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe setiap bulan bertambah, termasuk para pemegang Kartu Sehat Konawe yang berharap pengobatannya gratis.

Baca juga: Komitmen Bersama Tangani Stunting di Konawe, Kepala Dinas Kesehatan: Harus Koordinasi Agar Efektif

"Karena kartu yang dia pegang sudah tidak aktif lagi, maka dia masuk kategori umum yang di situ tentu pembayarannya sangat mahal," tambahnya.

Rusdianto berharap, Pemkab Konawe memberikan support ke BLUD RSUD Konawe dalam rangka penanggulangan pasien tidak mampu atau warga miskin.

Di mana, anggaran yang disiapkan Pemkab Konawe saat ini sebesar Rp500 juta, diharapkan meningkat pada tahun 2023.

"InsyaAllah 2023 kita bisa mensupport sebanyak Rp1 miliar. Kalau perlu bisa kita lebihkan dari Rp1 miliar," jelasnya.

"Kita yakini ini adalah salah satu program yang bermanfaat kaitannya dengan pelayanan kesehatan keluarga-keluarga kita yang tidak mampu di Konawe," imbuhnya. (*)

(TribunnewsSultra.com/Arman Tosepu)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved