Berita Baubau

BKSDA Sultra Lepas 8 Penyu di Pantai Nirwana Baubau, Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2022

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan pelepasliaran satwa penyu di Pantai Nirwana Kota Baubau.

TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan pelepasliaran satwa penyu di Pantai Nirwana Kota Baubau, Kamis (11/8/2022). Agenda pelepasliaran satwa penyu yang berusia 3-4 tahun dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional atau HKAN Tahun 2022. 

TRIBUNNEWSSULTRA.COM, BAUBAU - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan pelepasliaran satwa penyu di Pantai Nirwana Kota Baubau.

Agenda pelepasliaran satwa penyu yang berusia 3-4 tahun dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional atau HKAN Tahun 2022.

Kepala BKSDA Sultra Sakrianto Djawie mengatakan, Hari Konservasi Alam Nasional ini merupakan bagian salah satu kampanye dalam pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Selain itu melalui ini kami juga mengedukasi masyarakat dalam melestarikan dan menjaga sumber daya alam," jelasnya saat ditemui TribunnewsSultra.com, Kamis (11/8/2022).

Kata dia, penyu yang dilepasliarkan di Pantai Nirwana Kota Baubau ini, semuanya berasal dari masyarakat yang diserahkan kepada BKSDA Wilayah Baubau.

Baca juga: Presiden Jokowi ‘Nyeker’ hingga Gulung Celana Saat Lepas Tukik Penyu di Wakatobi Sulawesi Tenggara

"Sebanyak delapan ekor satwa penyu tadi yang kami lepaskan, semua dari masyarakat" terang Sakrianto Djawie.

Ia menjelaskan, penyu ini terkadag didapati oleh para nelayan yang sedang melaut dan tidak sengaja ikut terperangkap dalam jaring nelayan.

Sakrianto menilai, saat ini para nelayan juga sudah mempunyai kesadaran untuk membantu serta melindungi biota-biota laut yang dilindungi.

Semua jenis penyu laut di Indonesia, lanjutnya, telah dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Ia menyebutkan, pelaksanaan peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2022 yang diadakan BKSDA Sultra terpusat di Kota Baubau dengan agenda kegiatan pelepasliaran penyu.

Baca juga: SPTN Tomia-Binongko dan 15 Orang Wisatawan Asing Lepas Liarkan Bayi Penyu Tukik di Pantai Hondue

"Kami berharap dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap keanekaragaman hayati dan kawasan konservasi yang ada di Sultra," ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Balai Taman Nasional Wakatobi, Kepala UPTD KPH Wakonti dan Kepala BKIPM serta Anggota Satuan Karya Pramuka atau SAKA Wanabakti. (*)

(TribunnewsSultra.com/La Ode Muh Abiddin)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved